Emtricitabine-tenofovir adalah obat untuk membantu mengobati dan mencegah infeksi HIV. Penggunaan emtricitabine-tenofovir harus disertai dengan obat HIV lain, untuk memaksimalkan efektivitasnya. Obat ini hanya bisa diperoleh dan digunakan atas resep dokter.

Emtricitabine-tenofovir merupakan kombinasi dari dua jenis obat, yaitu emtricitabine dan tenofovir. Perlu diketahui, obat ini tidak bisa menyembuhkan HIV, namun digunakan untuk membantu menurunkan jumlah virus HIV di dalam darah. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan lebih baik dan risiko terserang komplikasi HIV dapat menurun.

Emtricitabine-Tenofovir - Alodokter

Selain itu, kombinasi kedua obat ini juga bisa digunakan sebagai pre-exposure prophylaxis (PrEP) atau pencegahan bagi orang yang berisiko tinggi terserang HIV.

Walaupun bisa digunakan sebagai obat PrEP, emtricitabine-tenofovir tidak selalu dapat mencegah infeksi HIV. Oleh sebab itu, penggunaan obat ini harus tetap disertai dengan pencegahan infeksi HIV lain, seperti perilaku seks yang aman, penggunaan kondom saat berhubungan seksual, atau tidak menggunakan jarum suntik bergantian.

Merek dagang Emtricitabine-Tenofovir: Truvada

Apa Itu Emtricitabine-Tenofovir?

Golongan Antivirus
Kategori Obat resep
Manfaat Mengobati dan mencegah infeksi HIV
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Emtricitabine-tenofovir untuk ibu hamil dan menyusui Kategori B: Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Emtricitabine-tenofovir dapat terserap ke dalam ASI. Oleh sebab itu, tidak boleh digunakan selama menyusui.

Bentuk obat Tablet

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Emtricitabine-Tenofovir:

  • Jangan menggunakan emtricitabine-tenofovir jika Anda memiliki alergi terhadap kandungan dalam obat ini.
  • Jangan menggunakan emtricitabine-tenofovir jika Anda sedang menggunakan obat lain yang mengandung emtricitabine, tenofovir, lamivudine, atau adefovir.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat pankreatitis, penyakit hati (seperti hepatitis B, hepatitis C, atau sirosis), penyakit ginjal, osteoporosis, atau kecanduan alkohol.
  • Emtricitabine-tenofovir hanya digunakan sebagai pencegahan (PrEP) pada orang dewasa yang berisiko tinggi terinfeksi HIV namun terkonfirmasi negatif.
  • Obat ini dapat menyebabkan hepatitis B kambuh atau memburuk. Jika Anda memiliki riwayat hepatitis B, tes fungsi hati perlu secara rutin dilakukan selama menggunakan emtricitabine-tenofovir.
  • Emtricitabine-tenofovir dapat menyebabkan peningkatan asam laktat dalam darah. Segera ke dokter jika mengalami gejala nyeri otot, nyeri perut, sesak napas, atau tubuh mudah lelah.
  • Beri tahu dokter sebelum menjalani operasi jika Anda sedang mengonsumsi emtricitabine-tenofovir.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan. Obat ini tidak disarankan untuk diberikan pada ibu menyusui.
  • Segera ke dokter jika muncul reaksi alergi obat atau overdosis setelah Anda mengonsumsi obat ini.

Dosis dan Aturan Pakai Emtricitabine-Tenofovir

Berikut dosis emtricitabine-tenofovir untuk mengobati dan mencegah infeksi HIV yang dibagi berdasarkan tujuan penggunaannya:

Mengobati infeksi HIV

  • Dewasa dan anak dengan berat badan ≥35 kg: 200–300 mg per hari, dikombinasikan dengan obat antivirus lain untuk mengobati HIV
  • Anak-anak dengan berat badan 17 kg hingga <35 kg: 100–250 mg per hari, dikombinasikan dengan obat antivirus lain untuk mengobati HIV

Mencegah infeksi HIV

  • Dewasa dan anak dengan berat badan ≥35 kg: 200–300 mg per hari, disertai perilaku seks yang aman. Waktu dan lama penggunaan obat harus mengikuti anjuran dokter

Bagi pasien yang kesulitan menelan, tablet bisa dihancurkan terlebih dahulu dan diminum bersama segelas air.

Cara Mengonsumsi Emtricitabine-Tenofovir dengan Benar

Emtricitabine-tenofovir hanya diberikan oleh dokter. Pastikan untuk mengikuti anjuran dan aturan pakai yang disarankan dokter, serta membaca petunjuk pada kemasan obat sebelum mengonsumsi emtricitabine-tenofovir.

Penting untuk mengonsumsi emtricitabine-tenofovir sesuai dosis yang disarankan oleh dokter. Usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari agar dosis tidak terlewat atau terlupa.

Jangan mengubah dosis atau menghentikan konsumsi obat tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter karena dapat menyebabkan jumlah virus di dalam tubuh meningkat dan penyakit lebih sulit ditangani.

Simpan emtricitabine-tenofovir dalam ruangan dengan suhu kamar dan jauhkan dari panas dan lembap. Selalu tutup rapat kemasan obat setelah digunakan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Emtricitabine-Tenofovir dengan Obat Lain

Berikut adalah efek interaksi yang mungkin muncul ketika menggunakan emtricitabine-tenofovir bersama dengan obat lain:

  • Meningkatkan risiko terjadinya gangguan ginjal, jika dikonsumsi bersama obat yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal, seperti aminoglikosida, amphotericin B, ganciclovir, atau vancomycin
  • Meningkatkan risiko terjadinya asidosis laktat, jika dikonsumsi bersama alpha interferon
  • Meningkatkan risiko terjadinya pankreatitis dan neuropati perifer, jika digunakan bersama didanisone

Efek Samping dan Bahaya Emtricitabine-Tenofovir

Emtricitabine-tenofovir dapat menyebabkan sejumlah efek samping. Segera ke dokter jika muncul efek samping berupa:

Segera temui dokter jika muncul efek samping di atas atau muncul reaksi alergi obat, seperti ruam yang terasa gatal, bengkak di wajah dan bibir, serta kesulitan bernapas.