Ergotamine adalah obat untuk meredakan atau mencegah sakit kepala sebelah atau migrain. Ergotamine bisa ditemukan dalam produk obat yang dikombinasikan dengan kafein.

Ergotamine bekerja dengan cara memengaruhi reseptor serotonin dan menyebabkan efek vasokonstriksi pembuluh darah. Cara kerja ini akan membantu meredakan migrain.

Ergotamine - alodokter

Merek dagang ergotamine: Ericaf, Ergotamine Caffeine

Apa Itu Ergotamine

Golongan Obat resep
Kategori Ergot alkaloids
Manfaat Mengobati sakit kepala sebelah (migrain)
Dikonsumsi oleh Dewasa
Ergotamine untuk ibu hamil dan menyusui Kategori X: Studi pada binatang percobaan dan manusia telah memperlihatkan adanya abnormalitas terhadap janin atau adanya risiko terhadap janin.Obat dalam kategori ini tidak boleh digunakan oleh wanita yang sedang atau memiliki kemungkinan untuk hamil. kategori ini tidak boleh digunakan oleh wanita yang sedang atau memiliki kemungkinan untuk hamil.

Ergotamine dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Tablet

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Ergotamine

Ergotamine hanya boleh digunakan sesuai resep dokter. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi ergotamine:

  • Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki. Ergotamine tidak boleh diberikan kepada pasien yang alergi terhadap obat ini.
  • Jangan mengonsumsi ergotamine jika Anda menderita penyakit arteri perifer, hipertensi, penyakit jantung koroner, penyakit liver, atau penyakit ginjal.
  • Beri tahu dokter jika Anda sudah menopause, menderita diabetes, anemia, kolesterol tinggi, obesitas, atau seorang perokok berat.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan. Ergotamine tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.
  • Jangan mengonsumsi grapefruit selama menjalani pengobatan dengan ergotamine.
  • Jangan mengemudikan kendaraan atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan setelah mengonsumsi ergotamine, karena obat ini bisa menyebabkan pusing.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk obat herbal dan suplemen.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi ergotamine.

Dosis dan Aturan Pakai Ergotamine

Secara umum, dosis ergotamine untuk mengobati migrain pada orang dewasa adalah 2 mg saat serangan migrain dimulai. Dosis dapat ditambah 2 mg setiap 30 menit jika diperlukan. Dosis maksimal adalah 6 mg per hari.

Cara Mengonsumsi Ergotamine dengan Benar

Konsumsi ergotamine sesuai anjuran dokter dan selalu baca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat. Jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Ergotamine lebih efektif digunakan saat awal serangan migrain. Obat ini hanya dikonsumsi saat dibutuhkan dan bukan untuk pengobatan jangka panjang.

Jika Anda berisiko mengalami penyakit jantung, Anda akan menjalani pemeriksaan jantung, seperti rekam jantung (EKG), sebelum pengobatan dimulai.

Dosis pertama umumnya akan diberikan di rumah sakit untuk memantau kondisi Anda, respons terapi, dan efek samping yang mungkin terjadi

Simpan ergotamine di dalam suhu ruangan dan letakkan di dalam wadah tertutup. Hindarkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Ergotamine dengan Obat Lain

Berikut ini adalah efek interaksi yang bisa terjadi jika ergotamine dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu:

  • Peningkatan risiko terjadinya sindrom serotonin jika dikonsumsi dengan fluvoxamine
  • Peningkatan risiko terjadinya tekanan darah tinggi atau penyempitan pembuluh darah jika dikonsumsi dengan obat golongan triptan, penghambat beta, seperti propranolol, atau atau antijamur golongan azole, seperti ketoconazole
  • Peningkatan kadar ergotamine jika dikonsumsi dengan antibiotik makrolid, obat antijamur, atau penghambat protease

Efek Samping dan Bahaya Ergotamine

Efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsi ergotamine adalahj:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung reda atau semakin parah. Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius setelah mengonsumsi ergotamine, seperti: