Femmy Estrocal adalah suplemen yang bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan tulang dan sendi. Suplemen ini tersedia dalam bentuk minuman serbuk dengan rasa yoghurt.

Femmy Estrocal mengandung 500 mg kalsium, 250 mg glucosamine, dan vitamin D3. Kombinasi bahan-bahan ini dapat membantu tubuh menjaga sendi dan tulang agar tetap kuat dan sehat.

Femmy Estrocal - suplemen tulang dan sendi - suplemen mineral dan vitamin d - alodokter

Kalsium adalah mineral yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh. Salah satu yang paling utama adalah untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Vitamin D3 di dalam suplemen ini berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium.

Selain kalsium dan vitamin D3, suplemen ini juga mengandung glucosamine, yaitu senyawa yang digunakan tubuh untuk membangun tulang rawan dan komponen persendian lainnya. Konsumsi glucosamine diduga dapat meningkatkan dan melindungi kekuatan sendi.

Apa Itu Femmy Estrocal

Golongan Obat bebas
Kategori Suplemen
Manfaat Memelihara kesehatan tulang dan sendi.
Dikonsumsi oleh Dewasa
Femmy Estrocal untuk ibu hamil dan menyusui  Kategori A: Studi terkontrol pada wanita hamil tidak menunjukkan adanya risiko terhadap janin, dan kecil kemungkinannya untuk membahayakan janin.Kandungan kalsium dan vitamin D3 di dalam suplemen ini diketahui bisa diserap ke dalam ASI. Bagi ibu yang sedang menyusui, ikuti petunjuk pemakaian dan dosis yang diberikan oleh dokter saat mengonsumsi suplemen ini.
Bentuk obat Minuman serbuk

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Femmy Estrocal

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi Femmy Estrocal, yaitu:

  • Jangan mengonsumsi Femmy Estrocal jika Anda alergi terhadap bahan yang terkandung di dalam suplemen ini.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Femmy Estrocal jika Anda memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan laut, seperti udang, lobster, atau kepiting.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Femmy Estrocal jika Anda pernah atau sedang menderita sarkoidosis, gangguan pencernaan, hiperkalsemia, glaukoma, penyakit jantung, penyakit ginjal, ketidakseimbangan elektrolit, asma, atau kolesterol tinggi.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi Femmy Estrocal bersama obat, suplemen lain, atau produk herbal, untuk mengantisipasi terjadinya interaksi obat.
  • Konsultasikan penggunaan Femmy Estrocal dengan dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah mengonsumsi Femmy Estrocal.

Dosis dan Aturan Pakai Femmy Estrocal

Dosis Femmy Estrocal yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 1 stickpack, 1 kali sehari.

Cara Mengonsumsi Femmy Estrocal dengan Benar

Baca aturan penggunaan yang tertera di kemasan produk sebelum mengonsumsi Femmy Estrocal. Jika Anda ragu atau memiliki kondisi medis tertentu, diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis dan durasi penggunaan yang tepat.

Untuk mengonsumsi Femmy Estrocal, larutkan 1 stickpack Femmy Estrocal dengan 300 ml air, boleh menggunakan air dingin. Setelah larut, segera minum dan habiskan.

Nutrisi berupa vitamin atau mineral dari suplemen tidak dapat menggantikan nutrisi dari makanan. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan bervariasi setiap harinya.

Bila Anda memiliki pantangan makan tertentu, konsultasikan dengan dokter gizi mengenai pola makan yang sesuai untuk Anda gunakan bersama konsumsi Femmy Estrocal.

Simpan Femmy Estrocal pada suhu ruangan, hindarkan dari paparan cahaya matahari langsung dan kondisi yang lembap. Jauhkan suplemen ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Femmy Estrocal dengan Obat Lain

Mengingat Femmy Estrocal mengandung kalsium, glucosamine, dan vitamin D3, interaksi yang mungkin bisa terjadi jika suplemen ini dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu adalah:

  • Penurunan efektivitas dolutegravir, antibiotik golongan quinolone, atau antibiotik golongan tetracycline dalam melawan infeksi jika digunakan bersamaan atau dalam waktu dekat
  • Penurunan efektivitas bisphosphonates atau levothyroxine
  • Peningkatan risiko terjadinya hiperkalsemia jika digunakan bersama diuretik golongan thiazide atau lithium
  • Peningkatan risiko terjadinya memar atau perdarahan jika digunakan dengan warfarin
  • Penurunan efektivitas beberapa obat kanker

Untuk menghindari interaksi antara kalsium di dalam Femmy Estrocal dengan dolutegravir, quinolone, atau tetracycline, konsumsi obat-obatan tersebut setidaknya 2 jam sebelum atau 4–6 jam setelah meminum Femmy Estrocal.

Efek Samping dan Bahaya Femmy Estrocal

Efek samping ringan yang dapat terjadi dari konsumsi kalsium dan glucosamine pada Femmy Estrocal antara lain sendawa, perut kembung, mual, diare, atau konstipasi. Namun, selama digunakan sesuai aturan pakai, efek samping ini jarang terjadi.

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung mereda atau makin berat. Segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi Femmy Estrocal.