Saat musim hujan tiba, banyak penyakit mengintai setiap harinya, termasuk flu. Seseorang dengan daya tahan tubuh lemah akan rentan terserang penyakit ini. Untuk mengatasimya, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3–4 hari pertama setelah penderita terinfeksi.

Tubuh Terhidrasi, Flu Cepat Pergi - Alodokter

Penyebab dan Gejala Flu

Seseorang dapat tertular flu ketika menghirup percikan air liur di udara yang dikeluarkan oleh penderita flu ketika bersin atau batuk. Menyentuh mulut atau hidung setelah memegang benda yang terkena percikan air liur penderita flu juga dapat membuat Anda tertular virus flu.

Penyakit flu umumnya diawali dengan gejala pilek, bersin, dan sakit tenggorokan. Namun, seiring virus dalam tubuh bertambah banyak, gejala flu cenderung ikut memburuk, di antaranya:

  • Demam
  • Tubuh menggigil
  • Berkeringat dingin
  • Hidung tersumbat
  • Batuk kering
  • Lelah dan lemas
  • Sakit kepala

Meski demikian, penyakit flu umumnya tidak memerlukan perawatan dokter, karena penyakit ini termasuk ke dalam self limiting disease. Artinya, flu dapat sembuh dengan sendirinya, tepatnya sekitar 7–10 hari, tergantung pada daya tahan tubuh kita sendiri.

Obat-obatan yang biasa kita konsumsi selama flu, seperti penghilang demam, obat batuk, atau obat pilek, sebenarnya berfungsi untuk mengobati gejala, bukan penyebab dari penyakit flu itu sendiri.

Pentingnya Hidrasi Tubuh Selama Flu

Ketika sedang mengalami flu, tubuh rentan mengalami dehidrasi karena banyak kehilangan cairan tubuh, misalnya melalui demam, keringat, ingus, atau karena tidak nafsu makan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi banyak cairan ketika flu.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh tidak hanya melalui air mineral, tetapi bisa juga dengan mengonsumsi minuman isotonik. Malahan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman isotonik dinilai lebih efektif dalam merehidrasi tubuh.

Penting untuk Anda ingat bahwa minuman isotonik bukanlah untuk mengobati flu, melainkan untuk mengganti cairan yang hilang saat Anda mengalami flu. Namun, dengan tubuh yang tetap terhidrasi, proses penyembuhan dari dalam tubuh tentu akan lebih lancar dan Anda pun lebih cepat sembuh.

Jika gejala flu yang Anda alami tidak kunjung sembuh walaupun sudah melakukan beragam pengobatan, baik itu dengan pengobatan alami atau mengonsumsi obat-obatan dari apotek, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.