Pacaran merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh remaja pada umumnya. Meski banyak yang menganggapnya negatif, tetapi ada manfaat pacaran yang bernilai positif dan berdampak baik bagi kehidupan Anda bersama pasangan.

Sebenarnya nilai negatif atau positif dari pacaran itu tergantung dari bagaimana Anda menjalani hubungan tersebut. Jika pacaran yang Anda lakukan bersama pasangan dijadikan sebagai peluang untuk sama-sama berkembang, serta dijalani dengan sehat, maka hubungan Anda akan lebih bermanfaat.

Ini Dia Berbagai Manfaat Pacaran untuk Kesehatan - Alodokter

Manfaat Pacaran Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Kalau dilihat lebih jelas, masa pacaran sebenarnya masa yang memberikan banyak pelajaran berharga bagi Anda dan pasangan. Tentunya dalam hal belajar saling menghargai dan komunikasi, serta belajar dalam melatih tanggung jawab.

Terlepas dari nantinya apakah hubungan Anda bersama pasangan berlanjut sampai jenjang pernikahan atau tidak, selama pacaran Anda dapat memperoleh banyak pembelajaran serta manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat pacaran untuk kesehatan:

  • Menurunkan stres
    Hubungan sosial terbukti mampu mendukung dan membuat seseorang merasa lebih baik, sehingga mampu menurunkan stres. Pada masa pacaran, pasangan yang menjadi pendengar yang baik dan menunjukkan sikap mendukung, tentunya mampu mengurangi stres.
  • Memandang diri lebih positif dan bahagia
    Penelitian menunjukkan, memiliki kepedulian pada orang lain dapat membuat seseorang memandang dirinya lebih positif dan bahagia. Saat berpacaran, tentu saja seseorang akan belajar memiliki kepedulian pada pasangannya.
  • Membantu proses pendewasaan
    Berpacaran membantu seseorang untuk dapat bersikap lebih dewasa. Hal itu karena selama berpacaran, pasangan akan banyak belajar untuk saling menghormati, serta belajar berkomunikasi dengan baik. Selain itu, orang yang berpacaran juga akan belajar proses kedewasaan, ketika berusaha menyeimbangkan dan bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan masing-masing.
  • Memperpanjang umur
    Dalam sebuah penelitian menyebutkan, mereka yang menjalin hubungan cinta dengan cara yang baik dan positif akan berusia lebih lama. Hal tersebut terjadi karena pasangan yang baik akan saling menasihati untuk meninggalkan kebiasaan buruk, serta saling membantu dalam mengelola stres.
  • Memberi motivasi untuk hidup lebih sehat
    Dalam hubungan pacaran, pasangan dapat saling memberi motivasi untuk hidup lebih sehat, termasuk rutin berolahraga maupun menjalani diet.

Terdapat berbagai manfaat pacaran terhadap kesehatan, terutama jika hubungan terjalin dengan baik. Meski demikian, masa pacaran juga tidak terlepas dari beragam ujian dan masalah dengan pasangan. Jika perlu, bicarakan dengan orang tua atau anggota keluarga lain yang lebih dewasa, untuk menyikapi hal tersebut dengan tepat.