Siapa yang mengira bahwa manfaat pacaran untuk kesehatan sangatlah banyak. Tak hanya mengurangi stres, hubungan pacaran yang dijalin dengan positif juga dapat meningkatkan rasa percaya diri hingga memelihara kesehatan dan fungsi jantung.

Menjalin hubungan pacaran dengan seseorang yang bisa memahami dan mendukung satu sama lain tentu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri. Tak hanya membuat hidup lebih ceria, pacaran dengan orang yang dianggap tepat ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Tak Hanya Sekadar Status, Inilah Manfaat Pacaran untuk Kesehatan - Alodokter

Manfaat Pacaran untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ada beberapa manfaat yang mungkin secara tidak sadar dapat Anda peroleh dengan berpacaran, di antaranya:

1. Mengurangi stres

Menghabiskan waktu dengan orang terkasih dapat membuat Anda merasa bahagia. Tak hanya melupakan masalah yang ada, perasaan tersebut juga dapat meredakan stres yang dialami.

Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa melakukan sentuhan fisik, seperti memeluk dan berpegangan tangan, juga mampu menurunkan kadar hormon yang dapat menyebabkan stres.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Mengetahui bahwa ada seseorang yang mencintai dan mau menerima Anda apa adanya dapat memicu produksi hormon dopamin yang bisa menghasilkan perasaan bahagia. Selain itu, Anda pun bisa lebih menghargai, memercayai, dan memandang diri sendiri dengan lebih positif.

3. Membantu dalam proses mendewasakan diri

Belajar untuk saling menghormati dan menjalin komunikasi dengan pasangan dapat membantu Anda bersikap lebih dewasa.

Tak hanya itu, mau meminta maaf dan mengakui serta belajar dari kesalahan saat ada masalah dengan pasangan juga menunjukkan bahwa Anda sedang melalui proses untuk menjadi lebih dewasa.

4. Memberi motivasi untuk hidup lebih sehat

Dalam hubungan pacaran, pasangan dapat saling memberi motivasi dan nasihat untuk menerapkan pola hidup sehat, termasuk rutin berolahraga atau menjalani diet. Dengan demikian, tak hanya kesehatan mental, kesehatan fisik pun akan selalu terjaga.

5. Mengatasi kesepian

Sering merasa kesepian dapat menyebabkan daya tahan tubuh melemah dan rentan terkena penyakit. Bahkan, rasa sepi dan sedih yang berlarut-larut juga bisa membuat seseorang mudah mengalami depresi.

Nah, memiliki seseorang yang bisa dijadikan tempat berbagi dan bercerita tentu dapat mengatasi rasa kesepian yang Anda alami.

6. Memelihara kesehatan dan fungsi jantung

Pacaran terkadang memang membuat jantung berdetak lebih cepat. Namun, perasaan aman dan nyaman yang muncul saat berpacaran juga dapat mengatasi rasa cemas dan menjaga tekanan darah tetap terkendali. Hal ini tentunya dapat memberikan dampak baik terhadap kesehatan dan fungsi jantung.

Selain itu, motivasi untuk hidup lebih sehat bersama pasangan juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk jantung.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat mengalami stres, daya tahan tubuh akan melemah sehingga mudah terkena penyakit. Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pekerjaan, masalah keluarga, atau rasa kesepian.

Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang memiliki pacar atau pasangan hidup umumnya lebih jarang sakit. Dukungan positif dari pasangan akan meningkatkan produksi hormon oksitosin yang dapat menurunkan kadar stres dan rasa cemas, sehingga daya tahan tubuh pun akan menjadi lebih kuat.

Beragam manfaat pacaran untuk kesehatan di atas tidak hanya dapat diperoleh orang yang sedang berpacaran. Menjalin hubungan positif dengan rasa percaya dan kasih sayang dengan suami atau istri juga dapat memberikan manfaat yang sama baiknya.

Bila Anda merasa tidak mendapatkan berbagai manfaat pacaran seperti yang telah disebutkan di atas, tetapi justru merasa bahwa hubungan yang Anda jalani membuat Anda tertekan, stres, atau bahkan depresi, cobalah berkonsultasi dengan psikolog yang khusus menangani hal ini.