Selain digunakan sebagai bumbu masakan, fenugreek juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, lho. Mau tahu apa saja khasiat fenugreek dalam bidang pengobatan? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Fenugreek sudah lama digunakan dalam pengobatan herbal. Tanaman bernama latin Trigonella foenum-graecum ini mengandung sebagian nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, meliputi serat, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, mangan, dan magnesium.

Ini Khasiat Fenugreek bagi Kesehatan - Alodokter

Daftar Khasiat Fenugreek bagi Kesehatan

Umumnya bagian fenugreek yang sering digunakan dalam bidang pengobatan adalah bijinya. Biji fenugreek dapat diolah dalam berbagai bentuk untuk membantu mengatasi beragam gangguan kesehatan.

Beberapa khasiat biji fenugreek bagi kesehatan adalah:

1. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang telah dicampur dengan biji fenugreek mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Hal ini bisa terjadi lantaran kandungan serar dalam biji tanaman fenugreek dapat memperlambat pencernaan serta penyerapan karbohidrat dan gula pada tubuh.

2. Meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui

Tanaman yang memiliki biji berwarna kecokelatan ini juga kerap digunakan sebagai ASI booster, lho. Beragam suplemen, makanan, atau minuman yang mengandung fenugreek dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Namun, manfaat ini hanya bisa dirasakan oleh ibu menyusui yang sehat, tidak memiliki gangguan pada kelenjar susu, tidak stres atau mengalami gangguan emosional, serta memperoleh gizi yang cukup setiap hari.

3. Meringankan nyeri haid

Sebagian wanita kerap mengalami nyeri haid atau dismenore sebelum atau sewaktu menstruasi. Nyeri haid ini bisa bersifat ringan atau pun berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, beberapa penelitian membuktikan bahwa bubuk biji fenugreek memiliki aktivitas antispasmodik yang dapat meredakan ketegangan otot rahim, sehingga mampu mengatasi sakit ketika tamu bulanan ini datang.

4. Meningkatkan libido pria

Fenugreek tidak hanya bermanfaat bagi wanita saja. Tanaman ini pun dipercaya mampu meningkatkan libido para pria. Fenugreek terbukti dapat meningkatkan kadar hormon testosteron, yakni hormon yang berperan penting dalam kesuburan dan gairah seksual kaum Adam.

5. Menjadi agen antiradang

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa biji fenugreek mengandung asam linolenat dan asam linoleat yang dapat berperan sebagai antiradang. Khasiat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan peradangan yang memicu rasa nyeri pada rheumatoid arthritis.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi khasiat fenugreek yang diduga bisa kita manfaatkan untuk kesehatan. Biji fenugreek diketahui mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Biji fenugreek juga diduga dapat mengontrol nafsu makan, menurunkan kadar lemak tubuh, dan kadar kolesterol darah, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Walau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, fenugreek perlu dikonsumsi dengan pertimbangan. Biji tanaman ini juga bisa menimbulkan efek samping, seperti diare dan perburukan kondisi asma.

Selain itu, fenugreek tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena tanaman ini berisiko menimbulkan kontraksi dan menyebabkan keguguran.

Mengonsumsi fenugreek sebagai penyedap masakan atau suplemen sesekali memang boleh-boleh saja. Namun, perhatikan apabila konsumsi fenugreek menimbulkan efek samping. Dalam mengonsumsi suplemen, pastikan kamu mengikuti anjuran yang tertera di label kemasan.

Jika kamu ingin menggunakan biji fenugreek untuk mengobati penyakit yang kamu alami, pastikan kamu telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan dosis dan keamanannya, ya.