Protein hewani merupakan salah satu jenis protein yang dibutuhkan tubuh. Ini karena asupan protein hewani dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Selain itu, jenis protein ini juga bermanfaat untuk memperbaiki serta memelihara jaringan tubuh.

Seperti namanya, protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan, seperti ikan, ayam, sapi, atau kambing. Namun, jika tidak mengonsumsi daging hewan atau sedang menerapkan pola diet vegetarian, Anda tetap bisa mendapatkan asupan protein hewani dari sumber makanan lain, seperti susu atau telur.

5 Makanan Sumber Protein Hewani yang Dapat Dikonsumsi - Alodokter

Protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih lengkap daripada protein nabati. Tidak hanya itu, protein hewani juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih beragam, seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan asam lemak omega-3.

Daftar Makanan Sumber Protein Hewani dan Manfaatnya

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan sumber protein hewani yang bisa Anda konsumsi dalam menu harian:

1. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak merupakan makanan sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, daging tanpa lemak juga rendah kalori serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, niasin, dan selenium.

Oleh karena itu, mengonsumsi daging tanpa lemak memiliki beragam manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan metabolisme, menambah massa otot, serta memadatkan dan menguatkan tulang.

2. Telur

Dibandingkan dengan jenis protein hewani lainnya, telur merupakan salah satu makanan yang mudah untuk diperoleh dan harganya terjangkau. Selain itu, telur diketahui menjadi salah satu makanan sumber protein hewani terbaik, terlebih di bagian putihnya.

Dengan mengonsumsi telur secara rutin dalam jumlah yang cukup, Anda bisa merasakan beragam manfaat protein, seperti mempercepat penyembuhan luka, menambah massa otot, dan meningkatkan kesehatan tulang.

3. Susu dan produk olahannya

Tidak hanya sebagai makanan sumber protein hewani, susu dan produk olahannya, termasuk keju dan yoghurt, juga mengandung kalsium dan vitamin D. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat serta mencegah terjadinya osteoporosis.

Jika Anda ingin memperoleh khasiat protein hewani dari susu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi susu skim karena merupakan jenis susu rendah lemak.

4. Ikan

Makanan yang menjadi sumber protein hewani selanjutnya adalah ikan. Selain protein, ikan juga diketahui kaya akan berbagai nutrisi, mulai dari vitamin B12, vitamin D, zat besi, fosfor, dan omega-3.

Secara umum, manfaat mengonsumsi ikan dapat meningkatkan kesehatan otak, mencegah penyakit asma dan diabetes pada anak, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, salah satunya penyakit jantung

5. Makanan laut

Tidak hanya ikan, beberapa jenis makanan laut lain, seperti udang, juga mengandung protein yang tinggi. Bahkan, udang juga diketahui memiliki kandungan astaxanthin, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan di tubuh.

Perlu diingat, meski memiliki beragam manfaat, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi protein hewani secara berlebihan. Ini karena konsumsi protein hewani yang terlalu banyak justru meningkatkan risiko terkena penyakit serius, mulai dari diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Selain dari berbagai makanan di atas, protein hewani juga bisa diperoleg dari hewan lainnya, seperti udang dan bekicot.

Dalam memenuhi gizi seimbang, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan sumber protein hewani setidaknya 2–3 porsi setiap hari dan disertai dengan nasi, sayuran, serta buah-buahan.

Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui porsi protein hewani yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.