Sebagai penduduk negara maritim, masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan konsumsi berbagai jenis ikan laut. Tak hanya terasa lezat, ikan laut juga mengandung ragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ikan laut merupakan salah satu bahan makanan dengan beragam kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, mulai dari protein, asam lemak omega-3, hingga vitamin serta mineral, seperti vitamin B kompleks, vitamin D, zat besi, kalsium, selenium, dan zinc.

4 Manfaat Ikan Laut untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan - Alodokter

Berbagai Manfaat Ikan untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ikan laut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Tak hanya mengandung asam lemak omega-3, ikan laut juga memiliki jumlah protein yang tidak kalah tinggi dibandingkan dengan daging merah. Kedua nutrisi ini diketahui mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Ikan laut baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

2. Mendukung perkembangan otak dan mata

Kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan laut, seperti ikan salmon dan ikan sarden, dibutuhkan oleh janin, bayi, dan anak-anak guna mendukung perkembangan otak dan fungsi penglihatannya.

Tak hanya itu, beberapa penelitian juga membuktikan konsumsi ikan laut yang tinggi kandungan asam lemak omega-3 dapat meredakan gejala depresi dan menurunkan risiko terjadinya beberapa jenis penyakit degeneratif, seperti demensia, penyakit Alzheimer, serta degenerasi makula.

3. Menguatkan tulang dan sendi

Manfaat ikan laut selanjutnya adalah mencegah radang sendi dan pengeroposan tulang (osteoporosis). Hal ini berkat kombinasi kandungan protein, asam lemak omega-3, kalsium, dan vitamin D di dalam ikan laut yang baik untuk memelihara kesehatan tulang dan sendi.

4. Mencegah penyakit tiroid

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit tiroid adalah kurangnya asupan yodium dan selenium.

Untuk memelihara fungsi dan mencegah kerusakan kelenjar tiroid, Anda disarankan mengonsumsi berbagai jenis ikan laut, karena di dalamnya terkandung dua jenis mineral tersebut.

Selain beberapa manfaat di atas, ikan laut juga diketahui baik untuk mencegah anemia, meredakan gejala asma pada anak-anak, membantu tidur lebih nyenyak, bahkan hingga menjaga kesehatan rambut.

Meski demikian, Anda tetap perlu memilih dan mengonsumsi ikan laut secara bijak. Pasalnya, beberapa jenis ikan laut, seperti ikan tuna, ikan tongkol, dan ikan tenggiri, memiliki kadar merkuri yang tinggi.

Guna memperoleh manfaat ikan laut secara maksimal tanpa perlu khawatir akan bahaya kandungan merkuri di dalamnya, Anda disarankan membatasi konsumsi berbagai jenis ikan tersebut sebanyak 2–3 porsi seminggu atau sekitar 150–300 gram untuk orang dewasa dan 30–110 gram untuk anak-anak.

Anda juga bisa mengonsumsi ikan laut lain yang memiliki kadar merkuri lebih rendah, seperti ikan salmon dan ikan teri, atau berbagai jenis makanan laut lainnya, seperti udang, kepiting, dan cumi.

Jika perlu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar manfaat ikan laut dan cara mengonsumsinya secara aman, sesuai kebutuhan Anda.