Buang air besar (BAB) berdarah merupakan kondisi yang tidak dapat disepelekan. Kondisi ini perlu ditangani dengan pemberian obat BAB berdarah yang tepat sesuai penyebabnya. Pasalnya, BAB berdarah bisa menandakan adanya masalah serius pada saluran atau sistem pencernaan.

Buang air besar berdarah umumnya ditandai dengan adanya darah pada feses atau saat Anda mengelap area anus setelah buang air besar.

Ini Obat BAB Berdarah sesuai Penyebabnya - Alodokter

Munculnya darah pada tinja umumnya menunjukkan bahwa terdapat pendarahan di saluran pencernaan Anda, khususnya saluran pencernaan bagian bawah, yaitu usus besar, rektum, dan anus.

Warna dan Penyebab BAB Berdarah

Warna dan penampakan darah yang keluar saat BAB dapat menunjukkan lokasi terjadinya pendarahan pada saluran pencernaan, yaitu:

Merah terang

Darah berwarna merah terang yang terlihat di permukaan feses menandakan bahwa terdapat pendarahan di usus besar, rektum, atau anus. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh:

Merah tua atau merah marun

BAB berdarah berwarna merah tua atau merah marun yang bercampur dengan feses biasanya menunjukkan adanya pendarahan di usus besar atau usus kecil. Kondisi ini bisa disebabkan oleh radang usus besar, penyakit divertikular, atau tumor usus.

Hitam

BAB berdarah warna hitam (melena) dan berbau tidak sedap menandakan adanya pendarahan atau luka di kerongkongan, lambung, atau usus dua belas jari. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Varises di kerongkongan dan perut akibat sirosis hati
  • Sindrom Mallory-Weiss
  • Kanker kerongkongan, lambung, atau usus dua belas jari
  • Radang lambung atau gastritis
  • Tukak lambung yang berdarah
  • Terputusnya suplai darah ke bagian usus

Biasanya, orang yang mengalami BAB berdarah akan mengalami gejala seperti sakit perut, muntah, lemah, sulit bernapas, diare, pingsan, dan penurunan berat badan. Namun, hal tersebut tergantung pada penyebab, tingkat keparahan, dan lokasi di mana pendarahan terjadi.

Pengobatan BAB Berdarah

Jika Anda mengalami BAB berdarah, segera periksakan diri ke dokter gastroenterologi untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat berdasarkan penyebab yang mendasarinya.

Untuk menentukan penyebab BAB berdarah, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang meliputi kolonoskopi, endoskopi lambung, pemeriksaan darah dan feses, serta foto Rontgen dan CT scan pada organ pencernaan.

Setelah penyebab BAB berdarah yang Anda alami diketahui, dokter dapat merekomendasikan penanganan berupa:

Pemberian obat BAB berdarah

Pemberian obat-obatan untuk mengatasi BAB berdarah disesuaikan dengan penyebabnya. Ada beberapa jenis obat BAB berdarah yang dapat diberikan oleh dokter, antara lain:

  • Obat antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri pylori dan infeksi bakteri di usus besar
  • Obat antiradang kortikosteroid untuk mengobati radang usus
  • Krim dan obat wasir untuk mengobati wasir
  • Kemoterapi untuk mengobati kanker usus besar

Operasi

Selain pemberian obat BAB berdarah, dokter juga dapat melakukan operasi untuk menghilangkan polip atau adanya bagian usus besar yang rusak akibat kanker usus besar, divertikulitis, atau penyakit radang usus.

Perubahan gaya hidup

Dokter juga umumnya akan menyarankan Anda untuk melakukan perubahan gaya hidup dengan lebih banyak mengonsumsi makanan berserat dan memperbanyak minum air putih agar kotoran Anda menjadi lunak dan proses BAB lebih lancar.

Selain itu, rajin makan serat dan cukup minum air putih juga bermanfaat untuk mencegah serta meringankan sembelit dan fisura ani.

Pada kondisi BAB berdarah yang parah, perdarahan berpotensi menyebabkan syok hipovolemik akibat kehilangan darah dalam jumlah banyak. Kondisi yang berbahaya ini perlu segera ditangani di rumah sakit.

Dokter akan memberikan terapi cairan melalui infus dan transfusi darah sesegera mungkin. Selama menjalani perawatan, kondisi penderita akan dipantau secara ketat oleh dokter.

Jika Anda mengalami perubahan warna pada feses atau BAB berdarah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan obat BAB berdarah yang tepat.