Hujan yang terus mengguyur bukan alasan untuk kamu tidak berolahraga. Justru berolahraga saat musim hujan penting dilakukan agar kesehatanmu tetap terjaga dan kamu terhindar dari berbagai penyakit. Lagi pula, ada banyak, lho, pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan di dalam rumah.

Beberapa penyakit mudah sekali menyerang saat musim hujan tiba. Kelembapan udara dan kecepatan angin yang tinggi saat musim hujan membuat penyebaran kuman melalui udara menjadi lebih mudah, misalnya virus influenza penyebab flu.

Ini Pilihan Olahraga Saat Musim Hujan - Alodokter

Selain itu, hewan perantara penyakit, seperti nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah, juga menjadi lebih mudah berkembang biak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan di musim hujan agar terhindar dari berbagai penyakit.

Ragam Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Musim Hujan

Untuk melindungi diri dari penyakit saat musim hujan, kamu harus memperkuat daya tahan tubuh yang salah satunya dengan rutin berolahraga. Berikut ini adalah pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat musim hujan:

1. Yoga dan pilates

Yoga dan pilates adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Olahraga ini menggabungkan gerakan tubuh dan meditasi untuk meningkatkan keseimbangan, kelenturan badan, kekuatan otot, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu, gerakan yoga dan pilates juga bermanfaat untuk meredakan stres.

2. Senam aerobik

Senam aerobik umumnya menggunakan musik sehingga asyik untuk dilakukan dan bisa mengusir rasa bosan kamu saat harus tetap berada di rumah karena hujan. Selain menyenangkan, aerobik bermanfaat untuk meningkatkan kerja jantung dan paru-paru dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

3. Lompat tali

Lompat tali atau skipping bisa berfungsi untuk membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah. Selain itu, olahraga ini juga dapat melatih koordinasi tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan ketahanan tubuh saat berolahraga.

Bila hendak melakukan olahraga lompat tali di dalam rumah, pastikan ruangan yang digunakan cukup luas dan tali bisa berputar maksimal tanpa menyenggol barang-barang di sekitar.

4. Latihan kekuatan otot

Latihan kekuatan merupakan latihan yang berfokus untuk menambah kekuatan dan daya tahan otot. Selain dapat meningkatkan massa otot, latihan kekuatan juga dapat meningkatkan kepadatan tulang, memperbaiki postur tubuh, dan memperbaiki mood.

Ada berbagai jenis latihan kekuatan yang bisa kamu lakukan di rumah selama musim hujan, mulai dari push-up, sit-up, plank, squatpull up di ventilasi pintu, hingga angkat beban dengan dumbbell.

Olahraga sangat penting untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar. Namun, untuk mencapai itu, olahraga perlu dilakukan secara rutin, setidaknya selama 30 menit setiap harinya, tidak terkecuali pada saat musim hujan.

Berbagai jenis olahraga di atas bisa kamu lakukan saat kamu tidak bisa keluar rumah untuk berolahraga. Tidak hanya mampu menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan, olahraga di atas juga bisa membuat suasana hatimu lebih baik dan menghindarkanmu dari stres.

Namun, bila memang cuaca yang tidak bersahabat membuatmu tidak enak badan atau sakit, tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga. Lebih baik periksakan diri ke dokter dan beristirahatlah yang cukup agar cepat pulih dan bisa berolahraga lagi.