Selain menyiapkan fisik dan mental, ibu hamil juga harus menyiapkan berbagai perlengkapan bayi yang diperlukan setelah melahirkan. Agar tidak bingung, yuk, ketahui daftar perlengkapan bayi yang perlu Bumil siapkan dari sekarang.

Berbagai perlengkapan bayi yang lucu-lucu dan menggemaskan mungkin bisa membuat Bumil ingin memborong semuanya ketika berbelanja. Padahal, belum tentu semua barang itu akan terpakai sehingga tidak perlu dibeli.

Inilah 15 Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibeli - Alodokter

Nah, agar Bumil bisa hemat dan tidak belanja berlebihan, akan lebih baik jika Bumil telah memiliki daftar perlengkapan bayi paling penting yang perlu dibeli dan melengkapinya satu per satu sebelum Si Kecil lahir.

Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibeli

Berikut adalah daftar perlengkapan bayi yang perlu Bumil beli:

1. Popok

Bayi yang baru lahir biasanya perlu ganti popok sebanyak 10–12 kali sehari. Jadi, Bumil perlu menyiapkan stok popok setidaknya untuk beberapa hari. Popok sekali pakai akan memudahkan Bumil untuk mengganti popok di malam hari atau ketika di luar rumah.

Namun, jika Bumil berencana untuk menggunakan popok kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali, sebaiknya pilihlah bahan katun yang mudah menyerap dan lembut. Pilih juga popok kain yang memiliki tali atau velcro, sehingga Bumil tidak perlu repot-repot menggunakan peniti.

2. Baju dan celana bayi

Saat membeli baju dan celana bayi baru lahir, Bumil disarankan untuk memilih pakaian yang praktis dan tetap membuat Si Kecil nyaman. Berikut adalah pilihan baju yang sebaiknya bumil siapkan dari awal:

  • 4–8 baju jumper pendek dan panjang yang disertai dengan kancing di bahu, selangkangan, atau di sepanjang bagian depan tubuh
  • 4–8 kemeja dengan gaya kimono dengan kancing di bahu
  • 4–8 piyama
  • 4–8 celana pendek, panjang, atau legging yang elastis dan menutupi perut bayi
  • 1–3 sweater atau jaket dengan kancing depan

Memilih pakaian dengan kancing di depan tak hanya demi kenyamanan Si Kecil, tetapi juga untuk memudahkan Bumil dalam mengenakan atau melepaskan pakaiannya.

3. Kaus kaki, sarung tangan, dan topi

Bumil juga perlu menyiapkan setidaknya 3–4 pasang kaus kaki dan sarung tangan, serta 2–3 topi berbahan katun. Barang-barang ini sangat penting untuk membuat Si Kecil tetap merasa aman dan nyaman di kondisi dingin. Sarung tangan juga berguna untuk mencegah Si Kecil menggaruk dirinya sendiri dan melukai wajahnya.

4. Bedong selimut

Selama 9 bulan, posisi bayi seperti dibedong atau dibundel di dalam kandungan. Oleh karena itu, Bumil perlu menyediakan setidaknya 3–4 selimut atau kain untuk membedong Si Kecil demi kenyamanannya setelah lahir.

Bumil bisa menyiapkan selimut atau kain berbahan katun tipis untuk cuaca yang panas dan selimut dengan bahan yang lebih tebal untuk digunakan dalam cuaca dingin, ruangan ber-AC, atau saat malam hari.

5. Tempat tidur bayi

Perlengkapan bayi yang perlu dibeli selanjutnya adalah tempat tidur. Barang ini juga tak kalah penting, sebab tempat paling aman untuk bayi tidur selama 6 bulan pertama adalah di ranjang khusus bayi. Jangan lupa juga untuk menyediakan setidaknya 4–5 sprei pengganti yang berbahan lembut.

6. Kelambu

Kelambu bisa membantu melindungi bayi dari serangan dan gigitan nyamuk, terutama jika tempat tinggal Bumil termasuk daerah yang banyak nyamuk. Pilihan ini lebih aman dibandingkan obat antinyamuk yang mungkin dapat mengiritasi kulitnya.

7. Perlengkapan untuk mengganti popok

Penting untuk memastikan  bumil memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti popok Si Kecil, seperti:

  • 2–3 pak bola kapas bayi tanpa pewangi dan alkohol
  • 1–2 bungkus tisu basah hipoalergenik yang khusus untuk membersihkan area popok bayi
  • 2 botol krim popok, jika perlu
  • Perlak atau alas kedap air
  • Tempat sampah kecil khusus popok sekali pakai atau kapas bekas pakai

8. Perlengkapan mandi

Karena kulit bayi yang baru lahir masih lembut dan sensitif, mereka membutuhkan pelengkapan mandi khusus dengan formula cocok dan tidak menimbulkan alergi. Berikut adalah perlengkapan mandi yang dibutuhkan:

  • Bak mandi, agar lebih mudah dan aman dalam memandikan bayi
  • 2–4 handuk mandi
  • Sabun dan sampo bayi
  • Bedak bayi
  • Minyak pijat atau baby oil
  • Pelembap atau body lotion, jika diperlukan
  • Sisir sikat halus

9. Bib kecil

Bayi biasanya akan mengeluarkan ASI atau gumoh saat bersendawa. Nah, penggunaan bib kecil di leher bayi akan melindungi pakaiannya agar tetap bersih. Bib juga harus bisa dilepas-pasang dengan mudah.

10. Botol susu

Jika Bumil berencana untuk menggunakan botol susu, misalnya untuk ASI perah, Bumil memerlukan setidaknya 4–6 botol beserta sikat untuk membersihkannya. Untuk mensterilkan, Bumil bisa merebus botol susu dengan air mendidih selama 30 menit.

11. Deterjen khusus bayi

Bumil mungkin juga memerlukan produk pencuci pakaian bayi yang lembut untuk pakaian Si kecil. Pasalnya, kulit bayi baru lahir cenderung masih sangat halus dan mungkin sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang ada pada deterjen biasa.

12. Gunting kuku dan ear bud

Untuk mencegah bayi melukai wajahnya karena kuku yang panjang, Bumil perlu menyiapkan gunting kuku khusus bayi. Selain itu, ear bud yang berguna untuk membersihkan area luar telinga bayi juga penting untuk dibeli.

13. Obat-obatan

Bumil bisa menanyakan kepada dokter mengenai obat apa yang bisa diberikan kepada bayi untuk masalah yang umum terjadi, seperti demam atau kolik. Simpanlah obat di tempat yang sejuk dan kering.

14. Tas bayi

Perlengkapan bayi yang juga tak kalah penting untuk dibeli adalah tas. Sebaiknya, pilihlah tas bayi yang memiliki banyak kompartemen agar memudahkan Bumil untuk mencari barang yang dibutuhkan.

15. Mainan dan hiburan

Bayi tidak membutuhkan mainan yang mewah. Akan tetapi, beberapa mainan kerincing, mainan musik, atau mainan lunak bisa berguna untuk merangsang perkembangan otaknya. Selain itu, Bumil juga bisa membacakan buku atau cerita dongeng kepada Si Kecil sejak dini.

Di samping itu, ada beberapa barang lain yang akan Bumil butuhkan. Jika Bumil memiliki mobil dan akan berkendara dengan Si Kecil, kursi mobil khusus bayi sangat diperlukan untuk menjaga keselamatanbya saat berada di dalam mobil. Selain itu, pastikan juga kursi ini dipasang dengan baik sesuai dengan spesifikasi mobil.

Sementara jika Bumil harus bekerja atau berpergian meninggalkan Si Kecil, pompa ASI untuk memerah ASI juga dibutuhkan untuk memastikan Si Kecil tetap bisa mendapatkan asupan ASI.

Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi menyortir daftar perlengkapan bayi yang perlu dibeli. Jika Si Kecil diketahui berkebutuhan khusus, Bumil juga bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai barang apa saja yang perlu dibeli. Jangan lupa ajak suami untuk menyiapkan semua perlengkapan bayi, ya.