Manfaat susu murni dapat diperoleh karena susu ini mengandung nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin D, dan protein. Meski demikian, Anda juga perlu hati-hati dalam mengonsumsinya karena dibalik manfaatnya, ada pula efek samping yang bisa merugikan kesehatan.

Susu murni adalah jenis susu yang masih segar dan belum banyak diolah, misalnya melalui pasteurisasi, sehingga kandungan nutrisinya masih cukup tinggi. Di dalam satu gelas (250 ml) susu murni terkandung setidaknya sekitar 150 kalori, 8 gram protein, 9 gram lemak, 300 mg kalsium, 300 IU vitamin A, dan 98 IU  vitamin D.

Inilah Manfaat Susu Murni Beserta Efek Sampingnya - Alodokter

Beragam Manfaat Susu Murni

Sebelum mengonsumsi susu murni, ada baiknya Anda memahami terlebih dulu apa saja manfaat dan efek susu murni bagi tubuh. Manfaatnya antara lain :

1. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Susu murni banyak mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang serta otot. Dengan tercukupinya asupan nutrisi tersebut, risiko Anda untuk terkena kerapuhan tulang (osteoporosis) bisa berkurang.

Sementara itu, protein pada susu murni berperan penting untuk menambah massa otot serta memperbaiki kerusakan jaringan otot dan tulang.

2. Menambah energi dan stamina

Susu murni mengandung cukup kalori, protein, dan lemak yang dapat menambah energi tubuh. Dengan energi yang cukup, tubuh terasa lebih kuat dan Anda akan memiliki stamina yang cukup untuk berolahraga dan menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Mengendalikan berat badan

Beberapa riset menyebutkan bahwa konsumsi susu murni sebagai bagian dari diet seimbang dan pola makan sehat bisa membantu mengontrol berat badan.

Dengan minum susu, Anda juga bisa merasa kenyang lebih lama dan mudah mengontrol nafsu serta porsi makan, sehingga risiko untuk terkena obesitas pun bisa berkurang.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat susu murni ini hanya bisa Anda peroleh jika Anda juga rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan tidak minum susu secara berlebihan. Apabila pola makan Anda kurang sehat atau minum susu terlalu banyak, peningkatan berat badan bisa terjadi.

4. Mengurangi risiko penyakit tertentu

Aneka nutrisi pada susu murni diketahui bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit tertentu,seperti sindrom metabolik, obesitas, resistensi insulin, dan kolesterol tinggi. Konsumsi susu murni juga bisa mencegah Anda terkena diabetes dan penyakit jantung.

Selain yang telah disebutkan, susu murni juga bisa memberikan manfaat lain, seperti mendukung kesuburan, menjaga kesehatan dan kekuatan gigi, serta menyehatkan kulit.

Efek Susu Murni yang Penting Dikenali

Meski membawa manfaat, susu murni juga dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini adalah beberapa efek susu murni yang penting untuk diwaspadai:

Kolesterol tinggi

Salah satu efek negatif susu murni adalah meningkatkan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam tubuh. Hal ini terjadi karena susu murni mengandung lebih banyak lemak, dibandingkan dengan susu skim atau susu rendah lemak.

Keracunan makanan

Ini merupakan salah satu efek susu murni yang cukup sering terjadi. Susu murni tidak disterilisasi atau dipasteurisasi sehingga susu ini bisa saja terkontaminasi bakteri patogen penyebab penyakit atau keracunan. Saat mengalami keracunan, Anda bisa mengalami diare, mual, muntah, dan perut kembung.

Alergi susu dan intoleransi laktosa

Efek susu murni ini sebetulnya tidak hanya terjadi akibat konsumsi susu murni, tetapi juga susu yang sudah diolah. Alergi susu terjadi akibat reaksi kekebalan tubuh terhatap protein pada susu sapi. Sementara itu, intoleransi laktosa adalah kondisi ketika saluran cerna tidak dapat mencerna atau mengolah gula laktosa pada susu.

Gangguan fungsi ginjal

Susu murni yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menyebabkan fungsi ginjal terganggu. Jika Anda mengalami gangguan ginjal, batasi konsumsi susu guna membatasi kandungan kalium dan protein di dalam tubuh, sehingga gangguan pada ginjal tidak bertambah parah.

Itulah berbagai informasi tentang manfaat dan efek susu murni yang penting untuk Anda ketahui. Untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dulu saat hendak mengonsumsi susu murni.