Manfaat buah pir bagi kesehatan sayang untuk dilewatkan. Buah kaya nutrisi yang memiliki rasa manis dan bertekstur renyah ini dipercaya dapat menurunkan berat badan hingga mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.

Untuk mendapatkan manfaat buah pir, Anda dapat mengonsumsi buah ini secara langsung maupun mengolahnya menjadi jus atau smoothies. Namun, pastikan Anda mencuci buah pir di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih sebelum mengonsumsinya.

6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan - Alodokter

Kandungan Nutrisi Buah Pir

Manfaat buah pir bisa didapatkan dari berbagai kandungan gizi di dalamnya. Dalam 100 gram buah pir terkandung sekitar 60 kalori dan berbagai nutrisi, antara lain:

  • 15 gram karbohidrat
  • 10 gram gula
  • 3 gram serat
  • 115 kalium
  • 12 miligram fosfor
  • 9 miligram kalsium
  • 7 miligram magnesium
  • 25 IU vitamin A
  • 4 miligram vitamin C

Selain itu, buah pir juga memiliki kandungan lain, seperti vitamin K, vitamin E, tembaga, dan aneka jenis antioksidan, termasuk flavonoid, lutein dan zeaxanthin.

Inilah Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Berikut ini adalah ragam manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh:

1. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi 2 buah pir dapat memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan serat harian Anda. Asupan serat yang cukup dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit.

Berkat proses BAB yang lancar, kesehatan saluran cerna dan kesehatan tubuh secara keseluruhan pun dapat terjaga.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah pir selanjutnya bisa Anda dapatkan berkat kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain vitamin C, buah pir juga mengandung vitamin K, tembaga, dan antioksidan flavonoid yang bermanfaat untuk melawan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Membantu menjaga berat badan

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah pir dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga mampu mengurangi keinginan Anda untuk makan secara berlebih. Hal ini didukung oleh penelitian yang membuktikan manfaat buah pir untuk mencegah obesitas.

Agar upaya menjaga berat badan berjalan lebih optimal, konsumsi buah pir juga perlu diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur, mengurangi konsumsi junk food dan minuman beralkohol, serta minum cukup air.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat buah pir juga bisa dirasakan pada kulit. Pasalnya, buah ini mengandung vitamin C dan tembaga, yaitu nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang berpengaruh terhadap elastisitas kulit.

5. Menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2

Mencegah terjadinya diabetes tipe 2 merupakan salah satu manfaat buah pir lainnya. Ini berkat kandungan serat dalam buah pir yang dapat mencegah lonjakan gula darah serta menjaganya tetap terkontrol. Ini karena buah pir termasuk jenis buah dengan indeks glikemik yang rendah.

Selain itu, kandungan antosianin pada buah pir yang berwarna kemerahan diduga bersifat antidiabetes dan antiradang. Namun, kegunaan antosianin dalam mencegah diabetes masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

Manfaat buah pir lainnya adalah mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Ini berkat kandungan antosianin dan asam sinamat di dalamnya.

Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan flavonoid pada buah pir dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker, seperti kanker payudara dan ovarium.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah atau sayuran sebanyak 5 porsi sehari. Anda bisa memasukkan buah pir ke dalam menu buah harian Anda.

Untuk memaksimalkan manfaat buah pir, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya agar kebutuhan gizi harian Anda tetap terpenuhi. Jika Anda ingin mengetahui kebutuhan nutrisi harian Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terdekat.