Meski jarang ada dalam hidangan sehari-hari, manfaat dan kandungan nutrisi scallop untuk kesehatan tubuh tak perlu diragukan. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja manfaat scallop dan bagaimana cara mengolahnya menjadi masakan yang lezat dan sehat.

Scallop merupakan hewan laut sejenis kerang yang cukup populer di kalangan pecinta makanan laut. Meski harganya terbilang mahal, manfaat scallop yang bisa didapatkan dari kandungan nutrisinya sangatlah banyak. Ditambah lagi, scallop juga memiliki rasa yang gurih dan manis, serta tekstur yang lembut seperti mentega.

Inilah Manfaat Scallop dan Cara Memasaknya - Alodokter

Beragam Manfaat Scallop untuk Kesehatan

Kekayaan nutrisi scallop tidak kalah dengan makanan laut lainnya. Dalam 1 porsinya (3 buah scallop) terdapat kurang dari 100 kalori dan 20 gram protein.

Selain itu, scallop juga mengandung vitamin B12, asam lemak omega-3, serta berbagai mineral yang diperlukan tubuh, seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zinc, dan selenium.

Berkat kandungan nutrisi yang melimpah tersebut, scallop dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Membantu menurunkan berat badan

Scallop termasuk makanan yang rendah kalori dan tinggi protein sehingga sangat pas untuk dimasukkan ke dalam menu diet sehat Anda.

Faktanya, mengurangi total asupan kalori harian dengan meningkatkan protein adalah salah satu cara sederhana yang efektif untuk menurunkan berat badan. Ditambah lagi, scallop termasuk ke dalam sumber protein berkualitas tinggi, bahkan lebih baik dari protein salmon dan daging ayam.

2. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan vitamin B12, zinc, dan asam lemak omega 3 yang cukup banyak dalam scallop memainkan peran penting untuk menjaga fungsi normal otak, meningkatkan perkembangan sistem saraf, dan mengurangi risiko terjadinya gangguan mental, seperti penyakit Alzheimer dan depresi.

Memenuhi asupan nutrisi tersebut juga sangat penting bagi ibu hamil untuk mendukung perkembangan otak bayi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat scallop dalam menjaga kesehatan jantung didapat dari 2 kandungan mineral di dalamnya, yaitu magnesium dan kalium. Memenuhi asupan nutrisi tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, scallop juga diperkaya akan omega-3 alami, yaitu asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Satu porsi scallop dapat memenuhi hampir 80% dari kebutuhan omega-3 harian.

4. Mengurangi risiko kanker

Kandungan selenium dalam scallop diduga dapat menurunkan risiko seseorang untuk terkena kanker tertentu. Manfaat scallop ini dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa orang dengan tingkat selenium darah yang tinggi berisiko lebih rendah untuk terkena kanker, terutama kanker payudara, paru-paru, usus besar, dan prostat.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak manfaat scallop untuk kesehatan tubuh, misalnya membantu pertumbuhan tulang yang kuat, meningkatkan sistem imun tubuh, dan menjaga fungsi kelenjar tiroid.

Cara Memasak Scallop yang Sehat

Cara scallop dimasak bisa berpengaruh besar terhadap kandungan nutrisinya. Oleh karena itu, perhatikanlah cara memasaknya agar makanan laut ini bisa menjadi hidangan yang sehat.

Berikut ini adalah tips dalam memasak scallop:

  • Hindari menggoreng scallop, apalagi yang dilapisi tepung, karena proses ini dapat menambah kadar lemak jenuh pada scallop.
  • Hindari menggunakan saus seafood yang terbuat dari mentega atau butter.
  • Gunakan perasan lemon atau jeruk nipis untuk menambah cita rasa pada hidangan scallop
  • Gunakan minyak zaitun untuk memasak scallop, lalu campurkan dengan daun kemangi atau peterseli, bawang putih, lemon, atau jahe parut.
  • Hidangkan scallop dengan pendamping berupa salad sayur atau kacang polong untuk memberikan asupan serat.

Scallop tersedia di beberapa supermarket yang menjual makanan laut. Biasanya, scallop dikemas dalam keadaan sudah tidak bercangkang. Anda harus pastikan bahwa scallop yang Anda beli terkemas dengan rapi, berwarna putih segar, kenyal, dan lembap. Hindari membeli scallop yang sudah terlihat rapuh dan berbau amis.

Dengan mengetahui manfaat scallop dan cara memasaknya, kini Anda bisa mencoba memasukkan scallop ke dalam menu harian. Namun, ingat untuk mengonsumsinya sesuai porsi yang disarankan.

Bila setelah mengonsumsi scallop Anda merasakan reaksi alergi, seperti sesak napas, diare dan muntah-muntah, atau gatal-gatal, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.