Obat tipes yang utama dan efektif adalah antibiotik. Selain itu, ada juga obat-obatan medis maupun obat alami yang bisa digunakan untuk meringankan gejala, membantu pengobatan tipes, serta mempercepat pemulihan setelah sakit tipes.

Penyakit tipes (demam tifoid) disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi atau kontak langsung dengan penderita tipes. Gejalanya beragam, mulai dari demam tinggi, sakit kepala, sakit perut, mual, muntah, sembelit, hingga diare.

Inilah Obat Tipes Medis dan Alami - Alodokter

Penyakit tipes umumnya diobati dengan pemberian antibiotik oleh dokter untuk membunuh bakteri Salmonella dalam tubuh. Selain itu, tersedia pula beberapa obat tipes alami dan medis untuk membantu meringankan gejala tipes.

Obat Tipes Medis

Saat merasakan gejala penyakit tipes, pasien dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, termasuk pemeriksaan darah, tinja, urine, atau sumsum tulang untuk mendiagnosis penyakit tipes.

Makin cepat penyakit tipes terdeteksi, makin cepat pula pengobatan dilakukan guna mencegah keparahan gejala. Setelah mendiagnosis penyakit tipes, dokter akan memberikan antibiotik yang harus dikonsumsi oleh pasien selama 1–2 minggu.

Antibiotik menjadi satu-satunya pengobatan yang efektif untuk mengatasi penyakit tipes. Konsumsi antibiotik sebagai obat tipes harus sesuai dengan resep dokter dan diminum hingga habis meski gejala tipes telah membaik dalam 2 atau 3 hari.

Ini dilakukan untuk memastikan bakteri penyebab tipes benar-benar hilang dengan sempurna dan tidak terjadi resistensi antibiotik.

Berikut ini adalah jenis antibiotik yang umum diresepkan sebagai obat tipes:

Ciprofloxacin

Ciprofloxacin merupakan obat antibiotik yang umum diresepkan oleh dokter. Obat tipes ini tersedia dalam bentuk tablet atau sirup suspensi dan biasanya dikonsumsi 2 kali sehari, atau sesuai dengan saran dokter.

Pada sebagian orang, ciprofloxacin dapat menimbulkan efek samping berupa mual, muntah, dan sakit perut.

Azithromycin

Obat antibiotik azithromycin diresepkan oleh dokter jika bakteri penyebab tipes dalam tubuh pasien resisten terhadap ciprofloxacin. Obat ini tersedia dalam sediaan tablet atau sirup suspensi.

Azithromycin termasuk dalam kelas obat antibiotik makrolida yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab tipes.

Ceftriaxone

Ceftriaxone termasuk dalam kelas obat antibiotik sefalosporin yang bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab tipes. Obat tipes yang satu ini tersedia dalam bentuk obat suntik dan digunakan untuk mengobati gejala infeksi tipes yang lebih parah.

Tak hanya antibiotik, dokter juga mungkin akan meresepkan obat medis lain untuk meringankan gejala tipes. Misalnya, paracetamol untuk menurunkan demam dan meredakan sakit kepala atau domperidone untuk mengatasi mual atau muntah.

Obat Tipes Alami

Selain itu, pasien tipes juga dapat mengonsumsi obat tipes alami sebagai pendamping obat medis. Berikut ini adalah beberapa obat tipes alami yang bisa membantu meringankan gejala tipes:

1. Bawang putih

Menambahkan bawang putih dalam menu makan harian dapat membantu meringankan gejala penyakit tipes. Hal ini karena bawang putih memiliki senyawa allicin yang bersifat antibakteri dan dapat membunuh bakteri penyebab penyakit tipes.

2. Pisang

Pisang dapat menjadi obat tipes karena diketahui mampu meringankan salah satu gejala penyakit tipes yaitu diare. Hal ini karena pisang merupakan buah rendah serat dan bisa membantu memadatkan feses.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam pisang, salah satunya kalium, dapat menggantikan nutrisi tubuh yang hilang akibat diare.

3. Jahe

Jahe segar memiliki sifat antiinflamasi dan senyawa gingerol yang dapat mengurangi mual akibat penyakit tipes. Senyawa dalam jahe tersebut akan menenangkan saraf yang memicu refleks muntah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, konsumsilah teh jahe dengan cara merebus 1 ruas jahe yang telah dimemarkan dengan 1 gelas air.

4. Kunyit

Obat tipes lainnya untuk meringankan gejala tipes adalah kunyit. Bumbu dapur yang satu ini memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk Salmonella typhi.

Konsumsilah suplemen kunyit atau olah kunyit menjadi teh untuk mendapatkan manfaat kunyit sebagai obat alami untuk tipes.

Selain beragam obat alami di atas, terdapat beberapa jenis makanan atau minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita tipes, seperti kentang, wortel, melon, telur, ayam, tahu, ikan, susu rendah lemak, air kelapa, dan teh herbal.

Pasien tipes juga disarankan untuk minum air putih lebih banyak guna mencegah dehidrasi akibat diare dan demam tinggi berkepanjangan saat menderita tipes.

Penyakit tipes dapat sembuh dengan sempurna dalam 7–10 hari jika langsung diobati saat gejala muncul. Oleh karena itu, segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala tipes seperti yang telah disebutkan di atas.

Dokter akan memberikan penanganan, termasuk meresepkan obat tipes yang akan mengurangi keparahan dan mempercepat penyembuhan. Jika tidak segera diobati, tipes dapat menimbulkan komplikasi berupa tipes kambuh, bronkitis, usus bocor, kantong empedu bengkak atau pecah, osteomielitis, gagal ginjal, atau meningitis.