Tipes adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini umumnya menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut. Meski sering terjadi pada anak-anak, tipes juga dapat dialami oleh orang dewasa.

Tipes atau demam tifoid (typhoid fever) berbeda dengan tifus. Tifus atau typhus adalah penyakit infeksi akibat bakteri Rickettsia yang disebarkan oleh kutu hewan.

Tipes - Alodokter

Tipes merupakan penyakit yang banyak terjadi di negara-negara Afrika dan Asia Tenggara, seperti Indonesia. Sekitar 500 dari setiap 100.000 penduduk Indonesia terjangkit penyakit tipes dan meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu, tipes dinyatakan sebagai penyakit endemik yang serius di Indonesia.

Penyebab dan Gejala Tipes

Tipes terjadi ketika bakteri Salmonella typhi masuk ke dalam usus manusia dan berkembang di saluran pencernaan. Fasilitas kebersihan yang buruk dan akses air bersih yang terbatas merupakan faktor utama berkembangnya penyakit ini.

Secara umum, berikut ini adalah gejala-gejala penyakit tipes:

  • Demam dengan suhu yang meningkat secara bertahap hingga mencapai 39–40°C
  • Lesu dan lemas
  • Gejala pada saluran pencernaan, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare
  • Sakit kepala

Pengobatan dan Pencegahan Tipes

Pengobatan penyakit tipes adalah dengan pemberian obat antibiotik. Tergantung pada tingkat keparahannya, penanganan tipes dapat dilakukan di rumah atau di rumah sakit.

Penyakit tipes dapat dicegah dengan vaksinasi tifoid. Vaksin ini termasuk ke dalam imunisasi yang dianjurkan. Selain vaksin, pencegahan juga bisa dilakukan dengan  menjaga kebersihan lingkungan dan menjalani pola hidup sehat.