Konsumsi obat tipes alami diketahui bisa meringankan gejala tipes. Berbagai bahan alami tersebut diketahui kaya akan kandungan yang mampu mendukung kesehatan saluran cerna, sehingga dapat membantu proses penyembuhan penyakit tipes.

Penyakit tipes atau disebut juga demam tifoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini dapat menular melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri tersebut. Biasanya, penyakit tipes sering terjadi di daerah dengan sanitasi buruk.

Inilah 5 Pilihan Obat Tipes Alami - Alodokter

Penyakit tipes ditandai dengan berbagai gejala, yaitu demam, sakit perut, sakit kepala, mual, muntah, diare, dan hilang nafsu makan. Meski gejala tipes yang muncul tergolong ringan, sebaiknya jangan disepelekan. Bila tidak ditangani dengan baik, penyakit ini bisa menyebabkan perdarahan pada usus.

Berbagai Obat Tipes Alami

Untuk mengatasi penyakit tipes, Anda bisa mengonsumsi obat tipes alami. Namun, penting untuk tetap berobat ke dokter agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Nantinya, dokter akan meresepkan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab tipes.

Konsumsi obat tipes alami hanya digunakan sebagai pendamping pengobatan karena perannya hanyalah membantu proses pemulihan, bukan menyembuhkan. Berikut ini adalah beberapa obat tipes alami yang bisa membantu pemulihan Anda dari penyakit tipes:

1. Pisang

Ketika terkena tipes, keluhan mual, muntah, dan diare akan muncul. Gejala tersebut bisa menyebabkan dehidrasi akibat banyak cairan dan elektrolit yang keluar dari tubuh. Nah, buah pisang bisa mencegah terjadinya dehidrasi berkat kandungan kalium di dalamnya.

Kalium merupakan elektrolit yang dapat hilang ketika Anda muntah atau diare. Untuk mendapatkan manfaat pisang ini, Anda bisa mengonsumsi 1–2 buah pisang per hari. Akan tetapi, jangan lupa untuk minum banyak air juga guna mencegah dehidrasi.

2. Bawang putih

Bawang putih dapat dijadikan sebagai obat alami tipes karena bumbu dapur ini mengandung senyawa allicin. Senyawa ini diyakini bersifat antibakteri, sehingga dapat membunuh bakteri penyebab tipes.

Dengan menambahkan bawang putih secukupnya ke dalam makanan yang Anda olah, manfaat bawang putih tersebut dapat diperoleh. Cita rasa masakan pun dapat lebih enak, sehingga bisa mendukung nafsu makan.

3. Jahe

Anda dapat mengonsumsi jahe ketika terkena tipes. Jahe memiliki sifat antiradang, sehingga dapat meredakan keluhan sakit perut dan mual yang mungkin Anda alami ketika terkena tipes.

Untuk mendapatkan manfaat jahe ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusan jahe atau menambahkan sejumput parutan jahe ke dalam teh hangat yang telah dicampur madu.

4. Kunyit

Kunyit juga termasuk salah satu obat tipes alami yang mudah ditemukan di rumah. Kunyit bisa membantu mengatasi tipes karena bersifat antibakteri, sehingga dipercaya mampu menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella typhi.

Beberapa senyawa di dalam kunyit yang bersifat antibakteri meliputi flavonoid, alkaloid, dan tanin.

5. Temulawak

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi temulawak ketika Anda terkena penyakit tipes. Pasalnya, tanaman herba ini telah dipercaya sejak lama mampu mengatasi berbagai keluhan yang berkaitan dengan gejala tipes, seperti nafsu makan hilang, demam, sembelit, dan diare.

Temulawak juga diketahui memiliki sifat antibakteri, sehingga juga diyakini dapat menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk bakteri penyebab tipes.

Masih banyak bahan alami lainnya yang diyakini dapat dijadikan sebagai obat tipes alami, contohnya adalah daun sambiloto, daun keji beling, cengkeh, daun basil, atau cuka apel.

Namun, perlu diketahui pula bahwa khasiat bahan alami ini dalam mengatasi penyakit tipes masih perlu diteliti lebih lanjut, sehingga tidak bisa diandalkan sebagai pengobatan utama tipes.

Untuk membantu proses penyembuhan dari penyakit tipes, Anda dianjurkan memperbanyak konsumsi cairan agar tidak alami dehidrasi. Minumlah air putih minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

Selain itu, konsumsi pula makanan sehat yang bertekstur lembut dan mudah dicerna, seperti sup atau bubur. Hindari juga makanan yang terlalu asin, asam, dan pedas agar tidak semakin memperburuk masalah pencernaan.

Itulah beberapa pilihan obat tipes alami yang dapat membantu proses pemulihan. Jika mengalami gejala yang mengarah pada penyakit tipes, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter agar penyebabnya segera diketahui dan dibobati dengan tepat.