Kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat kini semakin besar. Pasalnya selain menjadi sumber energi, konsumsi makanan sehat juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit serius, mulai dari diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas, hingga kanker.  

Konsumsi makanan sehat setiap hari sangat direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Hal ini sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan karena pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari ada banyak ragamnya.

Ini Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari - Alodokter

Beragam Pilihan Makanan Sehat

Beberapa pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi antara lain adalah:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, dan kalium, yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Pilihan sayuran hijau juga beragam, mulai dari sawi hijau, brokoli, kangkung, selada, hingga bayam.

2. Buah-buahan

Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Beberapa buah yang populer karena kekayaan nutrisinya adalah:

  • Apel (serat, vitamin C, dan antioksidan)
  • Jeruk (vitamin C)
  • Pisang (kalium)
  • Alpukat (lemak sehat, kalium, dan vitamin C)
  • Beri-berian, seperti blueberry dan strawberry (rendah kalori namun kaya akan antioksidan dan serat)

3. Daging dan telur

Daging merupakan salah satu makanan sehat karena kaya akan nutrisi, terlebih lagi daging sapi tanpa lemak. Daging jenis ini mengandung protein dan zat besi paling tinggi dibandingkan dengan daging jenis lainnya.

Di samping daging, telur juga termasuk ke dalam makanan sehat. Selain tinggi protein, telur juga mengandung nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan sehat yang sarat akan nutrisi berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Contohnya adalah kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen.

Kacang-kacangan dan biji-bijian tersebut tidak hanya mengandung protein dan serat yang tinggi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan vitamin E.

5. Ikan dan makanan laut lainnya

Makanan laut merupakan pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

6. Susu

Susu banyak mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas, dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Untuk memproleh nutrisi yang terdapat pada susu, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengonsumsi produk olahannya, seperti keju dan yoghurt.

Kenali Makanan yang Perlu Dihindari

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, konsumsi makanan sehat saja tidak cukup. Anda juga harus membatasi atau menghindari asupan yang tidak sehat seperti berikut ini:

Minuman tinggi gula

Minuman dengan kadar gula yang tinggi, seperti minuman bersoda, jus dalam kemasan, dan minuman berenergi sebaiknya dihindari atau dibatasi. Jika sering dikonsumsi dalam jumlah besar, jenis minuman ini dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Makanan cepat saji

Hindari pula makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan daging olahan. Makanan jenis ini tidak hanya mengandung kalori yang tinggi, tapi juga rendah nutrisi. Selain itu, makanan cepat saji juga dapat mendorong keinginan makan secara berlebih, sehingga bisa memicu kenaikan berat badan.

Makanan ringan kemasan

Sama seperti makanan cepat saji, kebanyakan makanan ringan kemasan yang dijual di pasaran, seperti permen, es krim, dan biskuit, juga tinggi kalori dan rendah nutrisi sehingga perlu dibatasi. Jadi, konsumsi sesekali saja, ya!

Konsumsi makanan sehat sangat berkontribusi dalam membangun tubuh yang sehat, bahkan lebih dari olahraga. Jadi, mulailah mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Agar Anda tidak bosan, konsumsilah makanan sehat dengan jenis yang berbeda setiap harinya atau kombinasikan macam-macam makanan tersebut agar nutrisi yang didapat juga lebih beragam.

Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti memperbanyak konsumsi air putih, beristirahat yang cukup, dan rutin berolahraga. Jika perlu, berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan saran mengenai makanan sehat dan pola hidup yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.