Ada banyak manfaat babymoon bagi calon ibu sebelum melahirkan, di antaranya memberikan pengalaman berlibur yang tak terlupakan, meredakan stres, dan membuat perasaan lebih bahagia. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan mengenai manfaat babymoon bagi ibu hamil!

Babymoon adalah liburan yang dilakukan oleh ibu hamil dan suami sebelum keduanya resmi menyandang status sebagai orang tua. Di masa ini, Bunda dan Ayah bisa bebas menikmati waktu bersama dan melakukan aktivitas menyenangkan tanpa perlu disibukkan dengan urusan Si Kecil yang masih di dalam kandungan.

Intip Manfaat Babymoon bagi Calon Ibu Sebelum Melahirkan - Alodokter

4 Manfaat Babymoon bagi Calon Ibu

Babymoon bukanlah liburan biasa. Di momen ini, berlibur dengan kondisi perut yang sudah mulai agak membesar tentu bisa memberikan kesan istimewa dan kenangan berharga bagi liburan Bumil bersama suami.

Selain itu, bila dilakukan secara tepat, babymoon bisa memberikan beragam manfaat untuk calon ibu, lho, di antaranya:

1. Meredakan stres

Perubahan bentuk tubuh dan lonjakan hormon selama kehamilan bisa menyebabkan ibu hamil menjadi lebih rentan stres. Walau ini adalah hal yang normal dan biasa terjadi, stres saat hamil yang tidak terkelola dengan baik dapat membahayakan kesehatan janin dan juga Bumil.

Nah, salah satu cara untuk meredakan stres adalah dengan melakukan babymoon. Di momen ini, Bumil bisa menghabiskan banyak waktu dengan suami. Dengan meluangkan waktu berlibur bersama orang tercinta, Bumil pun bisa menjadi lebih rileks menjalani kehamilan dan mengurangi rasa cemas saat menunggu hari persalinan tiba.

2. Memperbaiki suasana hati

Saat hamil, tidak sedikit ibu hamil mengeluhkan bahwa suasana hatinya sangat cepat berubah atau mengalami mood swings. Terkadang Bumil merasa sangat senang, tapi beberapa waktu kemudian Bumil bisa saja merasa sedih atau marah hingga menangis.

Untuk memperbaiki mood dan membuat Bumil ceria kembali, cobalah untuk berolahraga rutin, lakukan hal yang Bumil sukai, atau luangkan waktu untuk me time dan berlibur bersama suami melalui babymoon.

3. Lebih disayang suami

Bila selama di rumah suami kurang perhatian karena sibuk dengan pekerjannya, saat babymoon, Bumil bisa bermanja-manja bersama suami. Karena di waktu ini, fokus dan perhatian suami akan tertuju hanya pada Bumil.

Saat babymoon, Bumil bisa bersantai dan meminta suami untuk lebih memperlihatkan kasih sayangnya, misalnya dengan cara memberikan pijatan atau menyuapi makanan kesukaan Bumil.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Efek relaksasi dan bahagia yang dirasakan oleh seseorang yang pergi berlibur juga baik untuk memperkuat sistem imunitas tubuh. Hal ini sangat penting selama kehamilan, agar tubuh ibu hamil lebih kuat melawan kuman penyebab penyakit. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh Bumil tidak akan mudah sakit.

Selain manfaat di atas, babymoon juga bisa meningkatkan keintiman Bumil dan suami. Jadi, jangan terkejut bila di waktu ini hubungan kalian berdua bisa lebih mesra dan mungkin saja gairah kalian lebih menggebu-gebu dibandingkan saat di rumah.

Manfaat babymoon bagi calon ibu memang ada banyak. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan, sebaiknya Bumil dan suami mempersiapkan segalanya dengan baik, ya.

Agar lebih aman, Bumil dan pasangan sebaiknya memilih tempat yang tidak ramai dan selalu menaati protokol kesehatan selama berlibur saat pandemi. Hal ini penting untuk mencegah penularan virus Corona.

Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan jika ingin pergi berlibur. Hal ini karena tidak semua kondisi ibu hamil boleh dan aman untuk melakukan perjalanan. Namun, jika kondisi Bumil dan janin sehat, babymoon boleh saja dilakukan dan sangat bermanfaat, kok. Selamat berlibur, Bumil!