Memiliki kulit putih, bersih, dan bersinar merupakan dambaan hampir semua orang, terutama para wanita. Untuk mewujudkannya, Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai masker untuk membuat kulit menjadi putih.

Kulit putih dan bersinar bisa Anda peroleh dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti buah-buahan, rempah-rempah, hingga yoghurt. Berbagai bahan alami tersebut dapat digunakan sebagai masker alami wajah.

Kulit Putih Berseri dengan Masker dari Bahan Alami - Alodokter

Selain itu, beberapa bahan alami untuk kulit putih pun juga sudah banyak terkandung di dalam produk kecantikan dan perawatan kulit, sehingga lebih praktis dan mudah digunakan.

Berbagai Bahan Masker Wajah Alami untuk Kulit Putih

Ada beragam bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker untuk membuat kulit lebih putih, di antaranya:

1. Lemon

Lemon dikenal sebagai buah yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan flavonoid yang bisa membuat kulit lebih cerah dan putih, serta menghapus noda kusam di wajah.

Untuk menggunakan lemon sebagai masker wajah, Anda bisa mencampur perasan air lemon, minyak almond, oatmeal, dan putih telur secukupnya. Setelah masker selesai dibuat, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

2. Pepaya

Untuk memiliki kulit putih, bersih, kencang, dan terlihat awet muda, Anda bisa menggunakan masker pepaya. Kandungan enzim papain dan antioksidan pada buah pepaya baik untuk memperbaiki kerusakan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Masker alami dari buah pepaya juga baik untuk mengurangi flek atau bintik-bintik cokelat akibat paparan sinar matahari berlebih.

Untuk mendapatkan manfaat pepaya ini, Anda bisa menghaluskan daging buah pepaya, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Gunakan masker buah pepaya minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Bubuk kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah digunakan sejak lama untuk memudarkan noda pada wajah, menghilangkan jerawat, serta membuat kulit lebih putih bersinar. Ini mungkin berkat kandungan zat antiradang, antioksidan, dan antibakteri yang terkandung di dalam kunyit.

Untuk menggunakan kunyit sebagai masker pemutih kulit alami, Anda bisa mencampur bubuk kunyit dengan air dan madu. Oleskan masker kunyit tersebut di wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air hingga bersih.

4. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan asam laktat yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan memudarkan bekas jerawat. Tak hanya itu, yoghurt juga bisa membuat kulit lebih putih, melembapkan kulit wajah, dan mengurangi kerutan halus pada wajah.

Untuk menggunakan yoghurt sebagai pemutih alami kulit, Anda bisa membuat masker yang terbuat dari campuran yoghurt dan beberapa tetes minyak esensial, seperti minyak almond atau minyak zaitun. Setelah itu, oleskan ke wajah dan biarkan selama 20–30 menit, kemudian bilas dengan air dan keringkan.

5. Teh hijau

Kandungan antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid, yang terdapat di dalam teh hijau diketahui baik untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan sel kulit, mengangkat sel kulit mati, serta melindungi kulit.

Selain itu, teh hijau juga mengandung hydroquinone yang dapat memutihkan dan menghilangkan noda hitam di kulit, serta membuat kulit lebih awet muda.

Untuk membuat masker teh hijau, campurkan beberapa sendok teh bubuk teh hijau dengan madu dan yoghurt, lalu oleskan ke wajah dan diamkan hingga 20 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda hingga bersih.

6. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sudah digunakan sejak dulu sebagai pelembap alami dan penyubur rambut. Tanaman ini mengandung antioksidan, antiradang, serta zat yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit dan memutihkan kulit.

Untuk memutihkan kulit dengan lidah buaya, Anda cukup memotong kulit lidah buaya, kemudian menghaluskan dagingnya. Oleskan pada kulit wajah selama 15–30 menit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk gel atau masker lidah buaya yang kini banyak tersedia di pasaran.

7. Beras putih

Beberapa riset membuktikan bahwa beras putih mengandung zat asam fitat dan antioksidan yang baik untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah penuaan dini, dan memutihkan kulit.

Oleh karena itu, beras putih dapat digunakan sebagai masker untuk membuat kulit putih dan cerah alami. Tak hanya itu, air cucian beras juga baik digunakan sebagai toner alami wajah.

Untuk membuat masker kulit dari beras, Anda cukup mencampurkan tepung beras dengan susu dan madu, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih.

Guna mendapatkan kulit putih, Anda pun perlu menggunakan tabir surya secara rutin dan menghindari paparan sinar matahari berlebih. Langkah tersebut juga penting untuk mencegah kerusakan kulit dan menurunkan risiko terjadinya kanker kulit.

Apabila Anda belum berhasil memperoleh kulit putih dan cerah meski telah menggunakan beberapa jenis masker dari bahan alami di atas, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai kondisi kulit Anda.