Manfaat lidah buaya untuk kulit tidak perlu diragukan lagi. Tak heran bila banyak produk perawatan tubuh yang memasukkan lidah buaya sebagai kandungan di dalamnya. Lantas, apa saja manfaatnya? Yuk, ketahui lebih lanjut dalam artikel berikut ini.

Manfaat lidah buaya untuk kulit tidak hanya sekadar merawat kesehatan kulit, tetapi juga mengatasi gangguan kulit seperti iritasi, bahkan luka bakar yang ringan hingga sedang.

Jangan Lewatkan 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Berikut Ini - Alodokter

Hal ini karena selain mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi kulit, lidah buaya juga bersifat antiradang, antivirus, dan antibakteri sehingga dipercaya dapat mengatasi beragam masalah kulit.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

Manfaat lidah buaya untuk kulit dapat diperoleh dengan beragam cara. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya secara langsung ke kulit atau menggunakan produk tertentu berbahan dasar lidah buaya, seperti losion dan krim.

Dengan melakukan berbagai cara di atas, setidaknya ada 7 manfaat lidah buaya untuk kulit yang bisa diperoleh, seperti:

1. Melembapkan kulit

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit yang paling umum adalah melembapkan kulit. Manfaat ini dapat diperoleh karena lidah buaya memiliki kadar air yang tinggi, sehingga dapat menghidrasi kulit.

Selain itu, zat isorentin dalam lidah buaya diduga mampu menjaga kandungan air di kulit agar tetap lembap. Pada akhirnya, kulit pun bisa tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya.

2. Mencegah munculnya kerutan di wajah

Selain menjaga kelembapan kulit, lidah buaya juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit sehingga elastisitas kulit tetap terjaga. Hal ini membuat lidah buaya turut berperan dalam mencegah atau mengurangi munculnya garis halus dan kerutan di wajah.

3. Mengatasi jerawat

Sifat antibakteri yang terdapat pada lidah buaya dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan sifat antiradang di dalamnya diduga mampu mengatasi jerawat yang meradang atau menimbulkan kemerahan di kulit.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka bakar

Manfaat lidah buaya untuk kulit selanjutnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Khasiat ini dipercaya karena sifat antiradang, antibakteri, bahkan antivirus di dalamnya yang dapat mempercepat proses pemulihan luka bakar tingkat ringan hingga sedang.

Untuk mengatasi luka bakar, Anda dianjurkan untuk mengoleskan lidah buaya ke kulit yang terbakar sebanyak 3 kali dalam sehari, selama 9 hari. Namun, bila luka bakar justru menunjukkan tanda infeksi, seperti keluar cairan berbau dan berwarna putih kekuningan, segera periksakan luka bakar yang Anda alami ke dokter.

5. Meredakan iritasi kulit

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah meredakan iritasi kulit. Ini karena kandungan asam lemak linoleat dan enzim bradikinin dalam lidah buaya mampu menenangkan kulit.

Tak hanya itu, kandungan magnesium laktat dalam lidah buaya juga dapat menghambat produksi histamin yang memicu gatal dan iritasi pada kulit.

6. Mengatasi frostbite

Lidah buaya juga diketahui dapat mengurangi kekakuan kulit akibat frostbite. Frostbite ditandai dengan kerusakan kulit dan jaringan di bawahnya akibat paparan suhu yang sangat dingin.

7. Mencegah kanker kulit

Meski perlu diteliti lebih lanjut, mengoleskan lidah buaya ke kulit diklaim bisa mencegah atau mengurangi risiko terkena kanker kulit. Manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan selenium di dalamnya yang diketahui bisa mengurangi efek paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit.

Manfaat lidah buaya untuk kulit sangatlah beragam. Namun, pastikan Anda tetap menggunakannya secara hati-hati. Pasalnya, beberapa orang bisa saja mengalami reaksi alergi saat menggunakan lidah buaya secara langsung atau produk dengan kandungan lidah buaya ke kulit.

Jika Anda sudah menggunakan lidah buaya sebagai bagian dari perawatan kulit tapi tidak ada perubahan berarti pada kulit, cobalah konsultasikan ke dokter untuk mengetahui perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenis dan masalah kulit yang Anda alami.