Informasi medis dalam artikel bersponsor ini telah ditinjau oleh tim dokter ALODOKTER

Jerawat muncul terus memang bikin risih, ya. Tak cuma mengganggu penampilan, munculnya jerawat juga bisa berisiko membuat kulit meradang dan terinfeksi. Agar jerawat segera menghilang, yuk, ketahui penyebab dan cara mengatasinya di artikel ini.

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, minyak, dan bakteri. Sumbatan ini mengakibatkan pori-pori meradang dan infeksi sehingga menimbulkan benjolan jerawat yang merah serta terasa nyeri.

Jerawat Muncul Terus? Ini Penyebab dan Tips Mengatasinya - Alodokter

Jerawat bisa muncul di bagian kulit mana saja, tapi paling sering muncul di area wajah. Nah, agar jerawat tidak muncul lagi, kamu perlu lebih cermat saat merawat kulit wajah, terutama soal produk perawatan yang digunakan.

Ini Alasan Kenapa Jerawat Muncul Terus

Selain penyebab yang telah disebutkan, beragam alasan berikut ini juga bisa menjadi penyebab jerawat muncul terus:

1. Memiliki kulit berminyak

Minyak atau sebum sebenarnya memang normal diproduksi di kulit. Minyak ini berperan untuk menjaga kelembapan alami kulit agar kulit tidak kering. Namun, kalau jumlahnya terlalu banyak, minyak ini justru bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Inilah yang membuat orang dengan tipe kulit berminyak lebih sering mengalami jerawat dan komedo. 

2. Memakai skincare dan makeup yang salah

Penggunaan produk skincare atau makeup yang tidak sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit juga bisa memicu jerawat muncul terus, nih. Ini karena sebagian produk tersebut mengandung bahan tertentu yang bisa menyumbat pori-pori. Nah, jika pori-pori kulit tersumbat, hal ini bisa membuat jerawat jadi muncul terus. 

Hal ini bisa makin parah kalau dibarengi kebiasaan jarang membersihkan makeup setelah dipakai seharian.

3. Sering mengonsumsi makanan berminyak dan manis

Mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti makanan manis, makanan cepat saji, dan makanan berminyak, bukan hanya tidak baik untuk kesehatan secara menyeluruh, tetapi juga bisa mengganggu kesehatan kulit. 

Ini karena jenis makanan tersebut bisa berdampak pada perubahan hormon tubuh, sehingga kulit akan jadi lebih mudah berminyak dan meradang. Akibatnya, sekelompok jerawat di kulit pun akan jadi lebih sering muncul.

4. Memiliki kebiasaan tidur dengan makeup

Jerawat muncul terus juga bisa disebabkan oleh kebiasaan tidur dengan makeup. Makeup yang belum dibersihkan tentu bisa menyumbat pori-pori, membuat pori-pori meradang, dan menyebabkan jerawat muncul, deh.

5. Menggunakan ponsel yang kotor

Ponsel merupakan salah satu benda yang paling kotor, lho. Jika jarang dibersihkan, layar ponsel bisa menjadi tempat berkumpulnya berbagai kotoran dan bakteri. Ketika kamu sering menggunakan ponsel untuk menghubungi seseorang atau urusan pekerjaan, layar ponsel ini akan menempel pada kulit wajah. 

Hal tersebut turut memindahkan bakteri dan kotoran dari ponsel ke kulit wajah. Apabila kulit wajah tidak rutin dibersihkan, bukan nggak mungkin jerawat akan muncul, kan?

Tips agar Jerawat Tidak Muncul Terus

Duh, bagaimana ya biar jerawat nggak muncul terus-menerus? Tenang, meski kerap muncul dan mengganggu penampilan, jerawat bisa diatasi, kok. Untuk menghilangkan jerawat yang muncul terus, kamu bisa coba menerapkan beragam tips berikut ini:

  • Gunakan produk perawatan kulit sesuai jenis kulit.
  • Pakai skincare dan makeup yang tidak menyumbat pori-pori atau berlabel noncomedogenic.
  • Konsumsi makanan sehat untuk kulit, seperti buah dan sayur, agar kulit terjaga kesehatannya.
  • Bersihkan makeup sebelum tidur.
  • Bersihkan ponsel secara rutin menggunakan tisu alkohol atau kain yang bersih.

Selain itu, kamu juga bisa mengatasi masalah jerawat muncul terus dengan memilih produk perawatan kulit yang tepat. Nah, salah satu produk yang cocok untuk mengatasi masalah kulit ini adalah LABORÉ Acne ProBiome.

LABORÉ Acne ProBiome adalah series terbaru dari LABORÉ yang sudah memiliki banyak produk untuk mengatasi masalah kulit di Indonesia, terutama kulit sensitif. LABORÉ mengeluarkan Acne ProBiome Series dengan Acne ProBiome Tech yang dirilis di Microbiome R&D Congress Asia 2024 di Singapura, yang dihadiri oleh ratusan peneliti dan profesor dari seluruh dunia.

Keahlian teknologi ini tidak main-main, lho. Acne ProBiome memiliki kemampuan untuk menghancurkan penyebab jerawat langsung dari "rumah jerawat" atau secara medis disebut dengan lapisan biofilm.

Dengan menghancurkan biofilm ini, dijamin, deh, jerawat tidak akan muncul kembali. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan probiotik yang bisa melawan kuman penyebab peradangan di kulit dan pemicu jerawat membandel.

Bahkan, produk ini telah diuji pada lebih dari 1.500 wanita yang memiliki kulit rentan berjerawat dan terbukti secara klinis dapat mengurangi berbagai tipe jerawat, mulai dari komedo hingga jerawat meradang. Jadi, masalah jerawat muncul terus akan segera tuntas, deh.

Produk-produk LABORÉ juga bebas parfum dan alkohol sehingga cocok digunakan oleh siapa pun, termasuk yang memiliki tipe kulit sensitif. Produk yang kandungan parfum dan alkoholnya 0% ini juga aman digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi jerawat yang muncul terus. Namun, apabila setelah menerapkan tips di atas dan rutin menggunakan produk LABORÉ Acne ProBiome tetapi jerawat masih saja muncul, konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter, ya.