Di balik rasanya yang lezat, ada banyak manfaat ikan salmon yang sayang untuk Anda lewatkan. Manfaat ini berasal dari beragam kandungan gizi penting di dalamnya dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Ikan salmon termasuk salah satu ikan paling bergizi untuk dikonsumsi. Ikan yang berwarna kemerahan dan bertekstur lembut ini merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein berkualitas tinggi yang rendah merkuri. Oleh sebab itu, tak heran, jika ikan salmon bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Ikan Salmon dan Kandungan Gizinya - Alodokter

Kandungan Gizi Ikan Salmon

Dalam seporsi ikan salmon mentah yang setara sekitar 100 gram, terkandung 140 kalori dan beragam nutrisi berikut:

  • 20 gram protein
  • 6,4 gram lemak
  • 30 miligram magnesium
  • 480–500 miligram kalium
  • 0,6 miligram zinc
  • 36,5 mikrogram selenium
  • 25 mikrogram folat

Ikan salmon juga banyak mengandung asam amino dan lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 (EPA dan DHA). Salmon juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin D, zat besi, kalsium, dan fosfor.

Beragam Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan

Dengan sederet kandungan gizi yang dimilikinya, ada beberapa manfaat ikan salmon yang bisa Anda peroleh, antara lain:

1. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi ikan salmon secara rutin diketahui dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan salmon berperan penting dalam mengurangi peradangan dan mencegah penumpukan plak di dinding pembuluh darah jantung (aterosklerosis).

Selain itu, asam lemak omega-3 juga bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan membantu mengontrol tekanan darah tetap stabil. Dengan demikian, fungsi dan kesehatan jantung bisa terjaga dengan baik.

2. Mendukung kesehatan dan fungsi otak

Kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan pada ikan salmon juga berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak. Berbagai nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mencegah pikun atau demensia, terutama pada lansia.

Selain itu, omega-3 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin, bayi, dan anak-anak.

3. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ikan salmon berikutnya adalah menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Ikan ini termasuk salah satu sumber kalsium, selenium, protein, dan vitamin D yang penting untuk mendukung kesehatan dan kekuatan tulang.

Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium, selenium, dan vitamin D harian Anda, Anda akan terlindungi dari berbagai penyakit tulang, seperti osteoporosis.

4. Membantu mencegah dan meringankan gejala depresi

Ikan salmon juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan untuk membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Manfaat ini diketahui berasal dari kandungan minyak dan omega-3 di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Untuk memaksimalkan manfaat ikan salmon bagi kesehatan, sebaiknya pilihlah ikan salmon segar yang ditangkap langsung dari laut atau ikan salmon kalengan yang rendah garam (natrium). Anda juga disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon tidak berlebihan, yakni sebanyak 2 porsi seminggu.

Tidak hanya itu, perhatikan juga cara mengolah ikan salmon. Beberapa orang bisa berisiko tinggi terinfeksi cacing parasit, jika mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang.

Agar manfaat ikan salmon tidak hilang dan bisa meminimalkan risikonya, usahakan selalu mengolah atau memasaknya dengan baik dan benar. Cara terbaik untuk mengolah ikan salmon adalah dengan merebus, memanggang, atau membakarnya.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat ikan salmon atau jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti alergi ikan, janganlah ragu untuk berkonsultasi ke dokter.