Ada beragam buah untuk melancarkan buang air besar (BAB) yang efektif mengatasi sembelit atau konstipasi. Secara umum, buah-buahan memang mengandung banyak serat dan air yang baik untuk pencernaan, namun buah-buah pelancar BAB ini mengandung zat lain yang ampuh untuk mengatasi sulit BAB.  

Beberapa obat bebas sering dikonsumsi untuk mengatasi konstipasi. Padahal, penanganan sederhana dengan perubahan pola hidup bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Salah satunya adalah dengan memperbanyak asupan cairan dan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan.

Kenali Daftar Buah untuk Melancarkan BAB Berikut Ini - Alodokter

Konsumsi Buah untuk Melancarkan BAB

Beberapa buah berikut diketahui dapat melancarkan BAB dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda:

1. Jeruk

Siapa yang tidak kenal dengan buah berwarna oranye ini? Sebuah jeruk ukuran besar mengandung 4 gram serat dan menyediakan sekitar 86 kalori. Kandungan serat yang ada di dalamnya dapat membantu melancarkan BAB. Selain itu, kandungan flavonol aktif yang terkandung di dalamnya juga dapat mencegah dan mengatasi konstipasi.

2. Apel

Apel juga masuk ke dalam daftar buah yang dapat melancarkan BAB, karena kandungan serat larut air yang bernama petin dalam apel dapat mempercepat pergerakan tinja melalui usus serta meredakan gejala konstipasi. Selain pada daging buahnya, manfaat ini juga bisa diperoleh dari kulitnya. Namun jika ingin mengonsumsi apel bersama kulitnya, pastikan sudah mencucinya hingga benar-benar bersih.

3. Buah pir

Selain mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan BAB, buah pir juga mengandung fruktosa dan sorbitol alami dalam kadar yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Kandungan fruktosa dalam buah pir sangat baik untuk merangsang pergerakan usus, sedangkan sorbitol dapat berfungsi sebagai pencahar alami. Keduanya berperan dalam melancarkan BAB.

4. Kiwi

Buah kiwi termasuk golongan buah yang tinggi serat dan rendah gula sehingga aman untuk kesehatan perut dan melancarkan BAB. Selain kandungan seratnya, buah kiwi juga dikenal dengan kandungan enzim actinidain, yang memiliki efek positif terhadap kerja dan pergerakan usus.

Meskipun sebagian besar buah mengandung serat yang baik untuk melancarkan BAB, ada beberapa jenis buah yang justru bisa membuatmu jadi sulit BAB, antara lain pisang yang masih mentah dan kesemek yang asam.

Lebih Baik Dimakan Langsung atau Diolah?

Anda bisa mengonsumsi buah untuk melancarkan BAB di atas baik secara langsung maupun diolah. Namun, tentu saja buah-buahan tersebut perlu dikonsumsi dalam keadaan masih segar.

Anda juga bisa mengolah jenis-jenis buah di atas menjadi jus. Buah yang diolah dalam bentuk jus dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda, selain juga membantu pergerakan usus.

Konsumsilah buah-buahan di atas secara rutin untuk melancarkan BAB. Namun jika konstipasi yang Anda alami tidak juga membaik atau justru bertambah parah, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter, agar dapat diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.