Asam urat umumnya menyerang persendian di kaki, tapi bisa juga di sekitar tangan. Gejala asam urat di tangan bisa muncul di bagian siku, pergelangan, dan jari-jari tangan. Jika tidak diobati, gejala asam urat di tangan bisa memburuk dan menyulitkan penderitanya dalam beraktivitas.

Saat penyakit asam urat kambuh, gejala yang muncul, baik itu di tangan maupun kaki, biasanya bisa menetap hingga beberapa hari lalu sembuh sendiri. Meski demikian, jika sudah menyebabkan keluhan yang mengganggu, seperti nyeri berat atau sulit menggerakkan sendi yang terdampak, asam urat perlu diobati oleh dokter.

Kenali Gejala Asam Urat di Tangan - Alodokter

Berbagai Gejala Asam Urat di Tangan

Gejala asam urat bisa terjadi ketika jumlah asam urat dalam tubuh meningkat terlalu tinggi. Berikut adalah beberapa gejala asam urat di tangan yang perlu Anda ketahui:

1. Jari-jari dan pergelangan tangan membengkak dan nyeri

Gejala asam urat di tangan yang paling sering terjadi adalah tangan membengkak, kemerahan, dan disertai rasa nyeri, perih, dan panas. Gejala ini bisa kambuh tiba-tiba di malam hari atau di pagi hari saat baru bangun tidur.

Saat gejala muncul, orang yang mengalaminya bisa sulit untuk melakukan beberapa aktivitas, misalnya mengangkat atau memegang benda, membuka pintu, menulis, atau mencuci piring.

2. Kesulitan mengepalkan tangan

Saat gejala asam urat di tangan terus berlanjut dan berkepanjangan, orang yang mengalaminya mungkin akan sulit menggerakan jari-jari atau pergelangan tangan secara normal. Mereka pun cenderung akan kesulitan untuk mengepalkan tangan, sehingga aktivitas sehari-hari pun terganggu.

3. Benjolan yang keras di beberapa jari tangan atau siku

Gejala asam urat di tangan juga bisa ditandai dengan munculnya benjolan yang terasa keras dan berwarna keputihan pada kulit. Benjolan ini disebut dengan tofus. Benjolan tofus biasanya muncul di beberapa jari tangan atau siku.

Dalam kebanyakan kasus, benjolan ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi lama-kelamaan bisa menyebabkan tangan menjadi bengkak, kesemutan atau mati rasa, serta sulit digerakkan.

Munculnya benjolan tofus pada tangan disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat ketika jumlah asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi dan tidak terkontrol.

Cara Mengatasi Gejala Asam Urat di Tangan

Untuk meringankan gejala nyeri dan bengkak di tangan akibat asam urat, Anda bisa menempelkan kompres dingin pada tangan sekitar 15 menit, beristirahat, mengonsumsi obat pereda nyeri, dan banyak minum air putih.

Selain itu, untuk membantu meredakan sekaligus mencegah gejala asam urat, Anda juga perlu membatasi makanan pemicu asam urat naik atau makanan tinggi purin, seperti jeroan dan minuman beralkohol, serta berolahraga secara teratur.

Jika Anda mengalami gejala asam urat di tangan seperti yang telah disebutkan di atas, terlebih jika keluhannya tak kunjung membaik, semakin parah, sering kambuh, dan disertai dengan demam, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar bisa diobati dengan tepat.

Pengobatan yang tepat penting untuk meredakan gejala dan mencegah serangan asam urat yang berulang. Ini juga penting untuk mencegah terjadinya komplikasi akibat asam urat, seperti kerusakan sendi permanen atau terbentuknya batu ginjal.