Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting, khususnya bagi anak-anak. Dalam segelas susu, terkandung beragam nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak, seperti protein dan aneka vitamin serta mineral.

Selain melalui makanan bergizi, Bunda juga dianjurkan untuk rutin memberikan Si Kecil susu setiap hari guna memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anak usia 6–9 tahun disarankan untuk minum 2 gelas susu per hari, sedangkan anak usia di atas 9 tahun dianjurkan minum susu setidaknya 3 gelas per hari.

Kenali Kandungan Nutrisi dalam Segelas Susu dan Manfaatnya bagi Anak - Alodokter

Dengan minum susu, kesehatan tulang dan gigi, serta daya tahan tubuh anak pun akan selalu terjaga. Konsumsi susu secara rutin juga diketahui dapat menjauhkan anak dari berbagai penyakit, seperti malnutrisi dan rakitis.

Semua manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan nutrisi yang ada di dalam segelas susu.

Berbagai Kandungan Nutrisi dalam Segelas Susu

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam segelas susu sapi cair dan manfaatnya bagi tubuh anak:

1. Protein

Susu merupakan sumber protein yang sangat baik. Dalam segelas susu terkandung sekitar 7,5–8 gram protein yang dibutuhkan oleh tubuh anak.

Ada 2 jenis protein di dalam susu, yaitu kasein dan whey. Protein kasein baik untuk mengontrol tekanan darah agat tetap stabil, sedangkan protein whey baik untuk pertumbuhan dan kesehatan otot anak.

2. Vitamin A

Beberapa produk susu juga sudah diperkaya atau difortifikasi dengan vitamin A. Selain dapat melindungi mata dari kerusakan, vitamin A juga dapat memperkuat daya tahan tubuh anak serta memelihara kesehatan kulitnya.

3. Vitamin B

Beragam jenis vitamin B, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B12, terkandung di dalam susu. Vitamin B tersebut berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan otak, menghasilkan sel darah merah, serta menunjang proses pembentukan energi atau metabolisme dalam tubuh anak.

4. Vitamin D

Vitamin D diproduksi secara alami ketika kulit terkena sinar matahari secara langsung. Namun, nutrisi yang satu ini juga bisa diperoleh melalui susu. Vitamin D bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, serta menjaga kesehatan otot tubuh.

5. Kalsium

Dalam satu gelas susu terkandung sekitar 275 mg kalsium. Selain vitamin D, kalsium juga dibutuhkan anak untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang serta giginya.

Dengan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup, pertumbuhan anak akan terjaga dan tinggi badannya akan optimal. Tak hanya itu, kalsium juga berfungsi menjaga saraf, otot, dan jantung anak agar berfungsi dengan baik.

6. Fosfor

Sekitar 200 mg fosfor terkandung di dalam segelas susu. Sama seperti kalsium, mineral yang satu ini juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak.

Selain itu, fosfor berperan dalam menjaga otot dan saraf anak untuk berfungsi dengan baik, membantu pembentukan DNA dan RNA di sel-sel tubuh, serta meningkatkan proses metabolisme dengan mengubah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi.

7. Kalium

Kalium merupakan mineral yang membantu saraf dan otot anak berfungsi dengan baik, jantung berdetak secara teratur, serta cairan tubuh tetap seimbang. Dengan minum segelas susu, setidaknya 320 mg kebutuhan kalium anak sudah terpenuhi.

Meski kandungan nutrisi dalam segelas susu terbilang cukup lengkap, Bunda dianjurkan untuk tetap memberikan asupan nutrisi lain kepada Si Kecil agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari pola makan bergizi seimbang.

Apabila Bunda memiliki pertanyaan seputar kebutuhan nutrisi anak atau jika Si Kecil memiliki kondisi medis tertentu, seperti intoleransi laktosa atau alergi susu sapi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak ya, Bun.