Khasiat retinol dalam menjaga kesehatan kulit memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, penting untuk mengetahui cara pemakaian retinol yang benar, sebab kulit bisa rentan bermasalah jika Anda keliru menggunakannya.

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang diketahui bisa membawa beragam manfaat untuk kulit. Oleh karena itu, senyawa aktif ini banyak ditambahkan ke dalam berbagai produk perawatan kulit, misalnya serum atau krim malam.

Ketahui 4 Cara Pemakaian Retinol yang Benar - Alodokter

Ada beragam manfaat retinol yang sayang untuk dilewatkan, seperti mengurangi munculnya jerawat, meningkatkan elastisitas kulit, menghilangkan milia, mencerahkan kulit, bahkan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Cara Pemakaian Retinol yang Benar

Retinol umumnya dapat memberikan manfaat pada berbagai jenis kulit. Namun, banyak orang yang ragu untuk menggunakan retinol karena takut kulitnya mengalami iritasi, kering, kemerahan, atau terkelupas setelah memakai retinol.

Sebenarnya, efek dari retinol tersebut bisa diredam bila pemakaian retinol dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah panduan untuk menggunakannya:

1. Pilihlah produk dengan konsentrasi terendah

Bagi pemilik kulit sensitif atau orang yang baru pertama kali menggunakan skincare retinol, pilihlah produk dengan konsentrasi rendah, yaitu 0,1%, agar kulit bisa beradaptasi terlebih dahulu.

1–2 kali saja dalam seminggu. Jika setelah 2 minggu pemakaian tidak ada efek yang muncul, baru Anda bisa menggunakannya lebih sering, yaitu 3–4 kali seminggu.

2. Oleskan pelembap setelah retinol digunakan

Setelah kulit dibersihkan dan dikeringkan, Anda bisa mengoleskan retinol secukupnya ke kulit wajah, kecuali area sekitar mulut dan mata. Setelah itu, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap. Penting untuk tidak melewatkan penggunaan pelembap karena retinol bisa membuat kulit menjadi kering.

3. Gunakan pada malam hari

Anda dianjurkan untuk menggunakan skincare yang mengandung retinol pada malam hari. Alasannya, karena retinol bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap akan beraktivitas di bawah terik matahari. Hal ini penting dilakukan guna meminimalkan efek samping dari retinol.

4. Hindari pemakaian retinol bersamaan dengan kandungan tertentu

Sebaiknya, jangan gunakan skincare yang mengandung retinol bersamaan dengan skincare lain yang mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA). Penggunaan bahan-bahan tersebut secara bersamaan bisa meningkatkan risiko terjadinya iritasi kulit.

Selain memperhatikan cara pemakaian retinol, Anda juga harus tahu bahwa tidak semua orang bisa menggunakan retinol, misalnya ibu hamil dan ibu menyusui. Keduanya dilarang untuk menggunakan retinol karena dikhawatirkan bisa membahayakan kesehatan bayi.

Sementara itu, untuk pemilik kulit sensitif, penggunaan retinol masih dianggap aman. Namun, gunakan secara hati-hati atau konsultasikan ke dokter lebih dulu sebelum menggunakannya.

Dengan menerapkan cara pemakaian retinol yang benar, risiko terjadinya iritasi dan masalah kulit lainnya pun bisa diminimalkan. Namun, jika Anda masih ragu atau takut akan efek samping yang dapat muncul dari pemakaian retinol, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.