Sariawan bisa membuat penderitanya tidak nafsu makan, bahkan sulit bicara. Untuk mengatasinya, ada beragam obat sariawan ampuh yang dapat digunakan, mulai dari obat pereda nyeri hingga suplemen. Dengan begitu, sariawan pun bisa segera teratasi.

Sariawan merupakan kondisi yang dapat dialami siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari perubahan hormon, kekurangan nutrisi tertentu, tergigit saat makan, menggosok gigi terlalu kencang, hingga infeksi jamur, virus, atau bakteri.Ketahui 5 Jenis Obat Sariawan Ampuh di Sini - AlodokterMeski umumnya, sariawan tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya, rasa nyeri yang ditimbulkan bisa membuat seseorang sulit untuk makan. Nah, guna mempercepat proses penyembuhan, ada berbagai jenis obat sariawan ampuh yang dapat digunakan.

Berbagai Jenis Obat Sariawan Ampuh

Berikut ini adalah beberapa jenis obat yang ampuh untuk mengatasi sariawan:

1. Obat pereda nyeri

Salah satu obat sariawan ampuh yang dapat Anda konsumsi adalah obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen atau paracetamol. Kedua obat ini bisa menghambat produksi prostaglandin yang memicu rasa nyeri.

2. Obat antinyeri oles

Selain obat pereda nyeri yang diminum, ada juga obat sariawan ampuh berbentuk krim atau gel yang dioleskan ke sariawan. Obat ini mampu meringankan rasa sakit, sehingga penderitanya bisa mudah mengonsumsi makanan.

Obat oles untuk sariawan ini biasanya mengandung beberapa bahan aktif, misalnya lidokain, benzokain, atau flusinonida. Selain obat oles, bahan tersebut juga tersedia dalam bentuk obat semprot.

3. Obat kumur

Obat sariawan ampuh selanjutnya adalah obat kumur dengan kandungan antiseptik. Jenis obat kumur ini bisa melawan kuman penyebab sariawan di mulut.

Tak hanya menggunakan obat kumur antiseptik, Anda juga bisa berkumur menggunakan campuran air garam atau soda kue. Caranya adalah campurkan 1 sendok teh soda kue atau garam ke dalam segelas air. Setelah itu, berkumurlah menggunakan campuran air tersebut.

4. Kortikosteroid

Kortikosteroid dalam bentuk tablet juga termasuk obat sariawan yang ampuh. Obat ini dapat mengurangi rasa sakit dan meredakan peradangan di mulut karena sariawan.

Namun, konsumsi obat untuk sariawan ini harus sesuai anjuran dokter. Pasalnya, kortikosteroid bisa memengaruhi kinerja organ maupun fungsi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penggunaannya tidak boleh sembarangan.

5. Suplemen

Konsumsi suplemen, seperti vitamin B12, vitamin C, zinc, folat, dan zat besi, juga bisa menjadi pilihan obat sariawan yang ampuh. Ini karena salah satu penyebab sariawan adalah kurangnya beragam vitamin atau mineral tersebut.

Selain menggunakan obat sariawan ampuh di atas, ada beberapa hal lain yang perlu Anda hindari agar tidak memperburuk kondisi sariawan dan pengobatan berjalan efektif, misalnya:

  • Hindari minuman yang terlalu panas.
  • Hindari makanan yang pedas.
  • Hindari konsumsi makanan yang terlalu asin dan asam.
  • Hindari konsumsi makanan bertekstur keras.

Berbagai Cara Mencegah Sariawan Muncul Kembali

Untuk mencegah sariawan muncul kembali, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Jaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi minimal 2 kali sehari dengan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut.
  • Gunakan dental floss untuk membersihkan sela gigi.
  • Batasi konsumsi makanan yang terlalu asam, asin, atau pedas.
  • Periksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Itulah berbagai jenis obat sariawan ampuh untuk meredakan nyeri, bahkan mempercepat penyembuhan. Bila obat tersebut tidak membuat sariawan Anda membaik atau bahkan semakin memburuk dan berlangsung lebih dari 2 minggu, cobalah periksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.