Cara menghilangkan jerawat punggung dapat dibedakan menjadi dua, yaitu secara alami dan menggunakan obat-obatan dari dokter. Keduanya memiliki efektivitas yang berbeda dalam mengatasi masalah kulit tersebut.

Secara umum, penyebab munculnya jerawat punggung tidak berbeda dengan jerawat di bagian tubuh lain. Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulit (sebum).

Ketahui Beragam Cara Menghilangkan Jerawat Punggung - Alodokter

Selain itu, beberapa faktor lain yang menjadi pemicu munculnya jerawat di punggung dan bagian tubuh lain adalah perubahan hormon, stres, efek samping obat-obatan tertentu, hingga kebersihan kulit yang kurang terjaga.

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara menghilangan jerawat punggung secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah:

1. Menjaga kebersihan tubuh

Cara menghilangkan jerawat punggung yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Tubuh yang tidak bersih, terlebih selepas melakukan aktivitas yang menghasilkan banyak keringat, bisa menyebabkan munculnya jerawat punggung. Ini karena punggung yang lembab dan panas menjadi tempat ideal untuk bakteri penyebab jerawat berkembang biak.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk segera mandi atau membersihkan diri setelah melakukan aktivitas apapun, termasuk berolahraga, agar masalah kulit ini tidak muncul.

2. Menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu ketat

Selain menjaga kebersihan tubuh, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Ini agar keringat tidak menyumbat folikel rambut sehingga memicu jerawat punggung. Tidak hanya itu, Anda juga harus segera mengganti pakaian yang basah oleh keringat.

Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Pasalnya, hal ini bisa membuat kulit sulit bernapas dan meningkatkan produksi keringat di kulit. Keringat yang bercampur dengan minyak alami tubuh akan menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan komedo putih dan jerawat.

3. Mengikat rambut

Rambut yang tergerai hingga ke punggung bisa memicu munculnya jerawat di punggung. Ini karena kotoran dan minyak pada rambut bisa berpindah dan masuk ke dalam pori-pori kulit di punggung.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki rambut panjang, Anda disarankan untuk mengikat rambut ketika sedang beraktivitas. Selain itu, keramaslah secara rutin agar rambut Anda terbebas dari berbagai kotoran.

4. Menghindari makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi

Cara menghilangkan jerawat punggung lainnya adalah dengan membatasi makanan yang tinggi akan indeks glikemik (IG), seperti roti putih, nasi putih, kentang goreng, minuman bersoda, dan makanan cepat saji.

Mengonsumsi makanan tinggi indeks glikemik dapat merangsang pelepasan hormon insulin di tubuh. Hormon insulin yang meningkat akan memicu produksi sebum dan minyak di kulit. Inilah yang akhirnya memicu munculnya jerawat di punggung.

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dengan Obat-obatan

Selain dengan cara alami, cara menghilangkan jerawat punggung juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan medis. Namun, obat-obatan ini harus digunakan sesuai anjuran dan resep dari dokter.

Berikut adalah obat-obatan yang umum diresepkan untuk mengatasi masalah kulit tersebut:

1. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida adalah salah satu obat yang umum diresepkan oleh dokter untuk menghilangkan jerawat punggung. Obat ini bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Asam salisilat

Obat lain yang juga sering diresepkan dokter untuk menghilangkan jerawat punggung adalah asam salisilat. Efek antiinflamasi yang terkandung di dalam obat ini dapat mengurangi peradangan serta membuka pori-pori kulit yang tersumbat.

3. Retinoid

Krim retinoid, seperti tretinoin atau isotretinoin, juga bisa diresepkan untuk menghilangkan jerawat di punggung. Krim retinoid dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati.

4. Antibiotik

Jika jerawat punggung yang Anda alami cukup parah, dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk meringankan kondisi tersebut. Efek antiinflamasi yang terkandung di dalam obat ini mampu untuk mengurangi peradangan pada jerawat punggung.

Selain itu, efek antibakteri di dalam antibiotik juga dapat membasmi berbagai bakteri penyebab jerawat punggung.

Jika berbagai cara menghilangkan jerawat punggung di atas belum mampu mengatasi keluhan yang Anda alami, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter. Apalagi jika jerawat punggung yang Anda alami telah menimbulkan rasa sakit yang hebat, pembengkakan, dan tanda infeksi, seperti demam.