Ada beragam manfaat pisang untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari mengatasi sembelit hingga meredakan mual dan muntah di awal kehamilan. Tak hanya baik untuk ibu hamil, kandungan nutrisi di dalam pisang juga dapat menunjang pertumbuhan janin.

Manfaat pisang untuk ibu hamil dapat diperoleh karena kandungan nutrisi penting di dalamnya, antara lain karbohidrat, serat, protein, vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium, mangan, dan folat.

5 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui - Alodokter

Beragam nutrisi tersebut bermanfaat dalam menjaga kesehatan ibu hamil, bahkan mendukung tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Selain konsumsi vitamin prenatal, buah pisang juga dapat menjadi pilihan buah-buahan yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil:

1. Mencegah sembelit

Salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil adalah mencegah sembelit. Kondisi ini sering terjadi pada ibu hamil akibat proses pencernaan yang melambat karena perubahan hormon dan tekanan pada usus oleh rahim yang membesar.

Untuk mengatasinya, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25 gram setiap harinya. Pisang bisa dipilih sebagai sumber serat harian, karena pada 1 buah pisang berukuran sedang atau setara dengan 120 gram mengandung sekitar 2,5–3 gram serat.

2. Meringankan morning sickness

Sebagian besar ibu hamil mengalami mual dan muntah pada awal masa kehamilan, sehingga nafsu makan berkurang dan ibu hamil pun menjadi malas makan. Kondisi ini sering disebut dengan istilah morning sickness.

Pisang dipercaya bisa meringankan mual dan muntah berkat kandungan vitamin B6 di dalamnya. Selain itu, pisang juga mudah dicerna dan cukup mengenyangkan sehingga baik untuk pencernaan ibu hamil.

3. Mendukung pertumbuhan janin

Pisang mengandung vitamin C yang melimpah, sehingga dapat digunakan untuk mendukung pertumbuhan otot, tulang, dan kulit janin. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

4. Menurunkan risiko bayi lahir cacat

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada bayi, misalnya cacat tabung saraf atau spina bifida. Potensi cacat lahir biasanya terjadi di 3–4 minggu awal kehamilan pada ibu yang kekurangan asam folat.

Untuk mengurangi risiko cacat lahir, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Asupan ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang kaya asam folat, seperti buah pisang, dan suplemen kehamilan yang diresepkan dokter.

5. Meringankan kram kaki

Kandungan kalium di dalam pisang dapat meringankan kram kaki yang cukup sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Selain itu, kalium juga berperan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh serta membantu kerja otot dan saraf.

Untuk mendapatkan manfaat pisang untuk ibu hamil, Bumil dapat mengonsumsinya dengan berbagai cara mulai dari mengonsumsi secara langsung hingga menjadikannya jus atau smoothie.

Guna mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi beragam makanan sehat lainnya agar kehamilan tetap terjaga. Jika Bumil masih memiliki pertanyaan seputar manfaat pisang untuk ibu hamil atau asupan nutrisi lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.