Asam folat adalah kebutuhan penting pada masa kehamilan Anda. Banyak manfaat asam folat untuk ibu hamil, misalnya saja asam folat yang rutin dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang pada bayi Anda.

Selain itu, asam folat adalah jenis vitamin B yang dapat membantu tubuh Anda memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru, dan juga membantu mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil - Alodokter

Ini Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil

Bagi Anda yang sedang hamil atau yang akan/ingin hamil, sangat penting untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9, yang juga disebut dengan folat.

Beragam produk susu khusus ibu hamil kerap menawarkan kandungan asam folat yang tinggi. Hal itu karena asam folat ini memiliki beragam manfaat, lho, khususnya bagi Anda para ibu hamil. Beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil di antaranya:

  • Asam folat untuk ibu hamil berperan penting dalam membantu tabung saraf bayi berkembang pada otak dan sumsum tulang belakangnya. Hal ini akan mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf bayi tersebut. Kondisi gangguan tabung saraf dapat menyebabkan bayi mengalami kelainan pada saraf tulang belakang yang disebut spina bifida maupun gangguan pertumbuhan otak yang disebut anenchephal. Selain itu, asam folat juga dipercaya dapat mencegah terjadinya bibir sumbing dan kelainan jantung pada bayi.
  • Asam folat juga mungkin dapat membantu mencegah keguguran yang terjadi pada awal kehamilan. Selain itu,  Asam folat juga bisa mengobati anemia akibat kekurangan asam folat. Konsumsi asam folat yang cukup juga dipercaya dapat mengurangi risiko preeklamsia.

Cacat lahir terjadi pada 3-4 minggu pertama kehamilan. Jadi, sangat penting bagi Anda agar mengonsumsi sumber atau suplemen asam folat untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Bagi Anda yang ingin atau akan hamil, disarankan untuk mengonsumsi asam folat setiap hari, setidaknya sebulan sebelum hamil. Dan bagi Anda yang sedang hamil, maka ada baiknya untuk mengonsumsi asam folat setiap hari.

Asam folat biasanya ditemukan dalam makanan seperti kacang kering, kacang polong, jeruk, produk gandum, asparagus, hati, bit, brokoli, kubis brussels, dan bayam.

Untuk mengurangi risiko cacat pada tabung saraf bayi, para ahli merekomendasikan agar mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Dimulai setidaknya sebulan sebelum Anda berencana untuk hamil. Asam folat juga dikonsumsi selama berbulan-bulan (sekitar usia kehamilan 4 sampai 9 bulan) sebanyak 600 mikrogram, dan saat menyusui sebanyak 500 mikrogram.

Dengan mengetahui pentingnya manfaat asam folat untuk ibu hamil, perbanyaklah mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan asam folat. Untuk menghindari cacat lahir, lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui perkembangan bayi Anda, dan jangan segan untuk konsultasikan segala keluhan Anda saat hamil pada dokter.