Di balik rasanya yang manis, ada banyak manfaat sari kurma yang bisa kita dapatkan. Berbagai kandungan nutrisi penting di dalamnya menjadikan sari kurma sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sari kurma merupakan buah kurma yang dihaluskan dan diambil sarinya. Sari kurma biasanya kental, berwarna hitam, terasa manis, dan membawa manfaat yang tidak kalah dari buah kurma. Selain gula, sari kurma kaya akan mineral dan antioksidan.

Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan - Alodokter

Kandungan karbohidrat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi dalam sari kurma diketahui sangat penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Ragam Manfaat Sari Kurma

Berikut ini adalah berbagai manfaat sari kurma yang bisa didapat:

1. Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat sari kurma yang penting bagi tubuh adalah mampu menjaga fungsi pencernaan. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sari kurma dapat melancarkan pergerakan tinja di dalam usus, sehingga buang air besar menjadi lancar dan teratur.

Manfaat ini diduga ada berkat mineral dan gula di dalam sari kurma. Selain itu, sari kurma juga mengandung antioksidan yang kuat sehingga bisa melindungi usus dari penyakit yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas.

2. Menurunkan dan menjaga kadar gula darah

Makanan manis biasanya menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Namun, sari kurma justru diketahui dapat merangsang produksi hormon insulin oleh pankreas sehingga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Manfaat sari kurma ini diduga berasal dari aktivitas antioksidan yang dikandungnya.

Selain itu, rasa sari kurma yang manis juga bisa membantu menghilangkan keinginan mengonsumsi makanan manis yang tidak sehat pada penderita diabetes. Hal ini akan membantu mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes, misalnya penyakit neuropati diabetik.

3. Menaikkan trombosit dan hemoglobin

Sari kurma diyakini mampu menaikkan kadar trombosit berkat banyaknya kandungan glukosa, vitamin C, dan antioksidan alami di dalamnya. Oleh karena itu, sari kurma sangat baik untuk dikonsumsi, terutama bagi penderita demam berdarah dengue (DBD).

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan mineral dalam sari kurma berperan penting untuk pembentukan hemoglobin dan produksi sel darah merah. Maka dari itu, sari kurma juga baik dimanfaatkan untuk anemia defisiensi zat besi pada anak-anak.

4. Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan darah adalah menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium.

Kalium merupakan mineral tertinggi yang terkandung dalam sari kurma. Oleh karena itu, sari kurma dinilai cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

Guna mendapatkan manfaat sari kurma secara maksimal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah. Pertama, pisahkan daging kurma dari bijinya, kemudian masukkan ke dalam panci. Tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, saring kurma untuk mendapatkan sarinya.

Membuat sari kurma sendiri akan menghindarkan Anda dari bahan pengawet dan gula tambahan yang mungkin ada dalam sari kurma instan. Bahan tambahan ini dinilai bisa mengurangi manfaat sari kurma itu sendiri.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat sari kurma atau masih ragu untuk menjadikan sari kurma sebagai asupan nutrisi harian, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat, sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.