Kulit kepala kering sering kali menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal dan penanganannya pun disesuaikan dengan penyebab yang mendasari terjadinya kulit kepala kering.

Kulit kepala kering adalah keluhan umum yang ditandai dengan bercak bersisik dan disertai rasa gatal pada kulit kepala. Penyebab kulit kepala kering pun beragam, mulai dari eksim, psoriasis, hingga dermatitis seboroik.

3 Penyebab Kulit Kepala Kering dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Faktor lain juga bisa menyebabkan kulit kepala kering, seperti udara yang dingin dan kering, penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat, serta pertambahan usia. Meski terlihat ringan, kondisi kulit kepala kering sebaiknya segera ditangani agar tidak semakin parah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Ada beberapa penyebab kulit kepala kering dan cara mengatasinya. Berikut ini adalah penjelasannya:

Eksim

Eksim tidak hanya memengaruhi bagian tubuh yang mudah terlihat, tetapi juga di bagian kulit kepala. Eksim di kulit kepala adalah jenis eksim yang menyebabkan kulit kepala kering, meradang, dan gatal.

Eksim di kulit kepala umumnya terjadi pada anak-anak atau bayi. Bila terjadi pada bayi, kondisi ini dikenal dengan sebutan cradle cap atau crib cap. Cradle cap biasanya hilang dengan sendirinya saat bayi mencapai usia 1 tahun.

Jika Anda memiliki eksim kulit kepala yang parah, dokter akan meresepkan krim atau salep yang mengandung bahan tertentu, misalnya kortikosteroid. Selain itu, Anda dapat menggunakan sampo antiketombe yang dijual bebas dan hindari menggaruk kulit kepala.

Psoriasis

Kondisi kulit kepala kering karena psoriasis dapat menimbulkan gejala kulit kepala memerah dan bersisik akibat kulit yang terkelupas dan menumpuk. Kondisi ini tidak hanya terjadi di kulit kepala, tetapi juga bisa muncul di belakang leher, belakang telinga, dan kening.

Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti, tetapi diduga akibat gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kulit tumbuh terlalu cepat dan mudah mengelupas. Selain membuat kulit kepala kering, psoriasis juga menimbulkan rasa gatal serta kulit menebal dan berkerak.

Kulit kepala kering akibat psoriasis ringan dapat diatasi menggunakan krim, gel, salep, atau sampo antiketombe berbahan coal tar dan asam salisilat atau yang mengandung antibiotik.

Jika Anda mengalami psoriasis sedang hingga parah, dokter akan memberikan obat suntik atau oral, seperti kortikosteroid, methotrexate, vitamin D dan vitamin A, serta ciclosporin. Selain dengan obat, terapi sinar ultraviolet juga dapat dilakukan untuk menangani psoriasis.

Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik juga disebut sebagai eksim seboroik atau psoriasis seboroik. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit kepala bersisik, kemerahan, dan muncul ketombe.

Selain muncul di kulit kepala, dermatitis seboroik juga bisa berdampak di area tubuh lain, seperti wajah, hidung, alis, telinga, kelopak mata, dan dada.

Penyebab pasti kulit kepala kering akibat dermatitis seboroik belum diketahui secara pasti, tetapi diduga disebabkan oleh peradangan yang berkaitan dengan psoriasis atau jamur Malassezia yang berada di kulit kepala.

Dermatitis seboroik merupakan kondisi medis yang bersifat kronis atau sering kambuh. Oleh karena itu, kondisi ini memerlukan perawatan secara berkala.

Cara mengatasi dermatitis seboroik ringan dapat menggunakan sampo yang mengandung ketoconazole, selenium sulfide, dan zinc pyrithione yang digunakan setiap 2 kali seminggu.

Jika Anda mengalami gejala dermatitis berat, dokter dapat meresepkan obat untuk menekan aktivitas sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Dokter juga akan melakukan perawatan untuk mengatasi peradangan pada kulit dan memberikan obat oles untuk mengatasi bakteri.

Selain itu, obat antijamur dalam bentuk tablet atau sampooleh dokter untuk mengatasi kondisi ini.

Kulit kepala kering tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menyebabkan infeksi bila dibiarkan terlalu lama. Jika langkah penanganan menggunakan sampo, krim, atau gel khusus untuk kulit kepala kering tidak berhasil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penyebab kulit kepala kering yang Anda alami serta menentukan pengobatan yang tepat.