Pakaian olahraga yang tepat merupakan salah satu kunci utama untuk berolahraga dengan nyaman. Pakaian olahraga perlu disesuaikan dengan jenis olahraga yang Anda lakukan. Dengan demikian, Anda pun dapat bergerak dengan lebih nyaman dan aman.

Tak hanya meningkatkan rasa nyaman, mengenakan pakaian olahraga yang tepat juga dapat menghindarkan Anda dari rasa lelah berlebih dan risiko cedera pada anggota tubuh, mulai dari terkilir, dislokasi sendi, nyeri lutut, hingga nyeri punggung.

4 Tips Memilih Pakaian Olahraga yang Tepat - Alodokter

Memilih Pakaian Olahraga sesuai Kebutuhan

Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memilih pakaian olahraga dengan tepat dan sesuai kebutuhan, di antaranya:

1. Pilih bahan pakaian yang nyaman

Setiap bahan pakaian olahraga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya, pakaian olahraga berbahan katun terasa sangat nyaman di kulit dan mampu menyerap keringat dengan baik. Karena mudah menyerap keringat, pakaian jenis ini justru terasa lebih lembap dan berat saat digunakan.

Sementara itu, pakaian olahraga dengan bahan sintetis, seperti polypropylene, dapat mempercepat penguapan keringat dari kulit dan menjaga suhu tubuh tetap stabil. Bahan ini dinilai lebih cocok digunakan untuk Anda yang melakukan olahraga yang berat dan banyak berkeringat.

Anda tidak disarankan untuk menggunakan pakaian olahraga berbahan dasar plastik atau karet, karena keduanya susah menyerap keringat, sehingga keringat dan panas tubuh akan terperangkap.

2. Pilih pakaian dengan ukuran yang pas

Tak hanya bahan, ukuran pakaian olahraga juga harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang akan Anda lakukan. Anda disarankan untuk memilih pakaian yang tidak terlalu longgar maupun terlalu ketat.

Sebagai contoh, pilihlah pakaian olahraga yang dapat merenggang atau melar, tetapi pas di tubuh, saat Anda melakukan yoga atau pilates. Pakaian tersebut akan membantu Anda untuk menggerakan tubuh dengan lebih leluasa.

Sementara itu, Anda sebaiknya tidak mengenakan celana panjang yang longgar saat berlari atau bersepeda, karena berisiko membuat Anda terjatuh akibat tersandung saat berlari atau tersangkut pada pedal sepeda.

3. Pilih pakaian olahraga dengan sport bra bagi wanita

Saat berolahraga, wanita disarankan untuk menggunakan sport bra, yang dapat menopang dan mengurangi guncangan pada area payudara akibat gerakan yang intens selama berolahraga.

Tak hanya itu, menggunakan sport bra selama berolahraga juga bisa membantu Anda lebih bebas gerak tanpa rasa nyeri yang berlebihan pada area payudara dan mencegah payudara kendur.

4. Pilih ukuran dan jenis sepatu yang tepat

Setiap jenis olahraga membutuhkan sepatu khusus, baik dari segi desain maupun bahannya. Sebagai contoh, sepatu lari dibuat fleksibel agar kaki penggunanya bisa menekuk dengan bebas tiap kali melangkah. Sementara itu, sepatu basket memiliki sol yang tebal dan lebih kaku agar bisa berlari dengan seimbang di lapangan.

Anda disarankan untuk mengganti sepatu olahraga saat sol bagian belakangnya sudah rusak, ukuran sudah tidak sesuai, atau ketika sepatu sudah terasa tidak nyaman digunakan agar terhindar dari risiko cedera, seperti bunion, taji tumit, dan nyeri pergelangan kaki.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga disarankan menggunakan alat pelindung olahraga jika memang dibutuhkan, seperti bantalan pelindung siku dan lutut yang sebaiknya digunakan saat bermain skateboard atau sepatu roda.

Penting diingat bahwa patokan utama saat Anda memilih pakaian olahraga bukanlah harganya, melainkan kesesuaian pakaian tersebut dengan jenis olahraga yang Anda lakukan. Dengan begitu, olahraga pun akan terasa lebih nyaman dan aman.

Jika mengalami cedera akibat olahraga, seperti kaki terkilir atau keseleo maupun dislokasi sendi, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga bisa meminta rekomendasi terkait cara memilih pakaian olahraga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.