Kutil di leher memang tidak berbahaya dan biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, benjolan di kulit ini bisa menular dan semakin membesar sehingga akan mengganggu kepercayaan diri orang yang mengalaminya.

Seperti kutil pada umumnya, kutil di leher muncul karena infeksi virus HPV (human papillomavirus). Kutil dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, misalnya anak-anak, orang tua, atau orang yang menderita penyakit tertentu.

Kutil di Leher Dapat Menular, Cari Tahu Cara Mengatasinya - Alodokter

Cara Penularan Kutil di Leher

Kutil pada leher biasanya muncul ketika virus HPV dari bagian tubuh lain terbawa ke kulit melalui jari tangan, misalnya ketika Anda menyentuh kutil lalu menggaruk leher setelahnya.

Kutil di leher dapat terlihat berwarna kelabu, berbentuk bulat, dan terlihat kasar. Selain itu, kutil di leher juga bisa tampak seperti lipatan kulit atau menyerupai daging tumbuh seukuran jerawat. Kutil semacam ini umumnya berukuran kecil dengan warna serupa dengan warna kulit.

Kabar buruknya, kutil dapat menular melalui kontak fisik dengan orang yang menderita kutil. Selain itu, kutil juga bisa menular apabila Anda menggunakan peralatan pribadi, seperti handuk atau pisau cukur, berbarengan dengan orang yang memiliki kutil.

Oleh karena itu, penting untuk tidak menyentuh apalagi menggaruk kutil Anda serta hindari berbagi penggunaan peralatan pribadi dengan orang lain agar kondisi ini dapat Anda cegah. Jika tak sengaja menyentuh kutil, jangan lupa untuk segera mencuci tangan.

Cara Mengatasi Kutil di Leher

Kutil di leher umumnya dapat ditangani dengan beberapa cara, antara lain:

Menggunakan obat kutil

Anda dapat menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan kutil, seperti asam salisilat dan asam glikolat yang dijual bebas atau sesuai resep dokter. Obat ini berfungsi untuk membantu pengelupasan kulit.

Menempelkan selotip pada kutil

Selain itu, kuteks kuku bening atau selotip banyak digunakan untuk mengatasi kutil. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati menggunakan dua cara ini. Hasil penelitian sejauh ini menunjukkan bahwa metode ini tidak terbukti efektif.

Menghilangkan kutil dengan prosedur medis

Untuk memastikan kutil di leher Anda benar-benar hilang, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit. Untuk menghilangkan kutil di leher Anda, dokter dapat melakukan beberapa penanganan, seperti prosedur pembedahan pada kutil.

Selain itu, dokter juga bisa mengangkat kutil Anda dengan beberapa prosedur medis lainnya, seperti bedah beku dengan cairan nitrogen, bedah listrik, atau terapi laser untuk kutil yang sulit diatasi.

Walau kutil di leher umumnya tidak berbahaya, segera periksakan diri ke dokter jika kutil terasa sakit, serta mengalami perubahan warna, perdarahan. atau keluar nanah. Kutil juga sebaiknya diwaspadai pada penderita diabetes, gangguan sistem imunitas atau kutil muncul di wajah atau area sensitif pada tubuh.