Lactobacillus acidophilus adalah probiotik atau bakteri baik yang secara normal hidup di usus atau saluran pencernaan. Suplemen yang mengandung Lactobacillus acidophilus bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik ini di saluran pencernaan, sehingga bisa membantu mengatasi diare.

Suplemen Lactobacillus acidophilus bekerja dengan cara menjaga tingkat keasaman di saluran pencernaan, sehingga dapat menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya. Selain dalam bentuk suplemen, probiotik ini juga dapat ditemukan dalam produk fermentasi, seperti yoghurt.

LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS - alodokter

Merek dagang Lactobacillus acidophilus: Fruit 18, Hexbio, Kalsis, Lacto-B, Liprolac, L-Bio, Paedilac, Protexin, Probiokid, Synbio, Vegebelend

Apa Itu Lactobacillus acidophilus

Golongan Obat bebas
Kategori Probiotik
Manfaat Menjaga keseimbangan bakteri baik dalam saluran cerna dan membantu mengatasi diare 
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak usia di atas 2 tahun
Lactobacillus acidophilus untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

Lactobacillus acidophilus belum diketahui terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Kapsul, serbuk, tablet salut selaput

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Lactobacillus acidophilus

Meskipun termasuk obat bebas, Lactobacilus acidophilus tidak boleh digunakan sembarangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan Lactobacillus acidophilus:

  • Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki. Suplemen Lactobacillus acidophilus tidak boleh diberikan kepada orang yang pernah mengalami reaksi alergi terhadap produk ini.
  • Jangan menggunakan suplemen atau produk yang mengandung Lactobacillus acidophilus jika Anda menderita kondisi yang menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh, seperti HIV/AIDS atau sedang menjalani kemoterapi.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan suplemen Lactobacillus acidophilus jika Anda menderita infeksi saluran kemih berulang, infeksi jamur berulang, diare kronis, atau diare yang disertai demam.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan suplemen Lactobacillus acidophilus jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang menggunakan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami overdosis atau reaksi alergi obat setelah mengonsumsi Lactobacillus acidophilus.

Dosis dan Aturan Pakai Lactobacillus acidophilus

Lactobacillus acidophilus sering ditemukan dalam bentuk suplemen atau produk fermentasi, seperti yoghurt. Ikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan atau anjuran dokter saat mengonsumsi produk ini.

Dosis Lactobacillus acidophilus yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 1–10 miliar unit pembentuk koloni atau colony forming units (CFU) per hari yang dibagi menjadi 3–4 kali pemberian. Jika ragu, konsultasikan dengan dokter mengenai dosis yang sesuai dengan kondisi Anda.

Cara Mengonsumsi Lactobacillus acidophilus dengan Benar

Selalu ikuti anjuran dokter dan baca keterangan yang tertera pada kemasan obat sebelum mengonsumsi Lactobacillus acidophilus. Suplemen ini tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, dan serbuk.

Konsumsi Lactobacillus acidophilus sesuai dosis yang dianjurkan. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Lactobacillus acidophilus dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Telan Lactobacillus acidophilus bentuk kapsul dan tablet secara utuh dengan bantuan segelas air putih. Untuk bentuk serbuk, Lactobacillus acidophilus dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan air maupun makanan.

Simpan produk di dalam wadah tertutup, pada suhu ruangan, di tempat yang kering, dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan Lactobacillus acidophilus dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Lactobacillus acidophilus  dengan Obat Lain

Penggunaan Lactobacillus acidophilus bersamaan dengan antibiotik dapat mengurangi efektivitas Lactobacillus acidophilus. Untuk menghindari interaksi obat, selalu beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Lactobacillus acidophilus

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah mengonsumsi Lactobacillus acidophilus:

Konsultasikan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau justru bertambah parah. Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat, yang bisa ditandai dengan sulit bernapas, muncul ruam kulit yang gatal, atau bengkak pada bibir atau kelopak mata.