Langkah Sederhana Cara Menghilangkan Mata Sembab di Rumah

Mata sembab yang disebabkan karena alergi membuat Anda tidak nyaman. Ada berbagai cara menghilangkan mata sembab yang dapat Anda lakukan di rumah.

Mata sembab atau mata bengkak terjadi karena adanya kelebihan cairan dalam jaringan ikat di sekitar mata, terutama kelopak mata. Salah satu penyebab terjadinya mata sembab adalah alergi.

swollen eye

Mata sembab karena alergi disebabkan oleh terjadinya kontak antara mata dengan alergen yang berada di udara. Pada dasarnya, alergen pada selaput mata bereaksi dengan antibodi yang berada di sel-sel mata, sehingga akhirnya melepaskan histamin yang menyebabkan munculnya reaksi alergi. Reaksi alergi yang terjadi, selain mata sembab juga bisa disertai hidung tersumbat.

Selain karena reaksi alergi, mata sembab bisa disebabkan oleh trauma, infeksi, gigitan serangga, atau karena cedera. Namun, mata sembab atau bengkak akibat alergi memang yang paling umum terjadi. Gejala lain yang biasanya terjadi pada mata sembab antara lain produksi air mata atau cairan mata yang berlebih, mata merah, dan mata kering.

Mata sembab pada sebagian besar kasus akan hilang dalam waktu 24 jam. Mata sembab atau bengkak sangatlah tidak nyaman, dan banyak orang mengira kondisi ini terjadi akibat menangis.

Berikut ini berbagai cara menghilangkan mata sembab yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Cuci muka
    Mencuci wajah Anda adalah salah satu cara pertama yang harus dilakukan untuk mengurangi mata sembab atau bengkak dan rasa gatal yang menyertainya. Mencuci wajah dapat membantu menghilangkan alergen yang menempel pada kulit dan bulu mata.
  • Membilas mata
    Membilas mata dengan air bersih dapat membantu mengeluarkan alergen dari bagian dalam mata. Anda juga dapat menggunakan larutan saline untuk membilas mata.
  • Kompres dingin
    Dengan menggunakan handuk atau kain yang sudah direndam dalam air dingin, kompres area sekitar mata sembab. Kompres mata Anda sambil berbaring, hal ini dapat membantu mengurangi rasa gatal dan pembengkakan yang terjadi.
  • Meneteskan obat tetes mata
    Salah satu cara menghilangkan mata sembab adalah dengan memakai obat tetes mata untuk alergi. Obat tetes mata ini berfungsi untuk mengatasi rasa gatal  dan mata sembab yang disebabkan oleh alergi. Biasanya, dokter akan meresepkan obat tetes mata antihistamin.
  • Minum obat atau suntik alergi
    Obat bebas atau yang diresepkan oleh dokter, termasuk antihistamin, bisa menyembuhkan gejala alergi ringan, termasuk mata sembap. Selain obat tetes mata, suntikan alergi dua kali dalam seminggu bisa mengontrol alergi yang menyebabkan mata sembab.
  • Menggunakan kantung teh celup
    Taruh kantung bekas teh celup yang telah didinginkan pada mata Anda. Kafein yang terdapat di dalamnya akan membantu mengurangi pembengkakan.
  • Posisi tidur
    Posisikan kepala Anda lebih tinggi ketika tidur pada malam hari, hal ini dilakukan untuk mengurangi penumpukan cairan.
  • Tinggal di dalam rumah
    Kondisi cuaca di luar rumah mempunyai peranan penting bagi Anda yang mengalami alergi. Saat udara di luar cukup berangin, banyak serbuk sari maupun alergen di udara yang bisa menyebabkan mata sembab.

Setelah mencoba cara di atas, beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah melakukan perawatan adalah:

  • Menjauhi produk yang mungkin dapat menyebabkan peradangan seperti make up.
  • Menggunakan handuk wajah dan sarung bantal yang bersih.
  • Mencuci tangan lebih sering dan hindari menyentuh mata.

Cara menghilangkan mata sembab di atas dapat Anda coba di rumah. Jika Anda mengalami nyeri di mata, pandangan kabur atau kemampuan melihat menurun, disarankan segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.