Manfaat ketimun atau mentimun untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya baik untuk mencegah dehidrasi, buah yang sering dianggap sebagai sayuran ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, melancarkan pencernaan, dan mendukung keberhasilan diet.

Manfaat ketimun untuk kesehatan tubuh didapat dari zat antioksidan dan beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain itu, ketimun juga rendah kalori, tapi mengandung air dan serat yang cukup tinggi.

7 Manfaat Ketimun untuk Kesehatan Tubuh - Alodokter

Membahas Lebih Lanjut Manfaat Ketimun bagi Kesehatan

Berikut adalah sejumlah manfaat ketimun bagi kesehatan beserta penjelasannya yang penting untuk Anda ketahui:

1. Mencegah dehidrasi

Agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi dan terhindar dari dehidrasi, Anda perlu minum air sekitar 7−8 gelas per hari. Namun, jika merasa bosan dengan air putih, Anda bisa memasukkan potongan ketimun atau buah lainnya ke dalam air untuk membuat infused water. Ini akan membuat air minum menjadi lebih segar dan bernutrisi.

2. Menangkal radikal bebas

Zat antioksidan pada ketimun, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan tanin, dapat mencegah dan menangkal efek radikal bebas yang merusak sel tubuh. Senyawa-senyawa tersebut juga berperan penting dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan penyakit Alzheimer.

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan air dan seratnya yang tinggi membuat ketimun bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembeli. Anda bisa mengonsumsi ketimun serta buah dan sayuran lainnya ketika sedang susah BAB.

4. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi asupan tinggi kalori, lemak, dan gula, seperti makanan siap saji, minuman kemasan, es krim, dan minuman bersoda. Untuk mendukung keberhasilan program diet Anda, konsumsilah makanan rendah kalori, seperti ketimun.

Serat pada ketimun juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Mengonsumsi ketimun sangat baik untuk mencukupi asupan cairan, mineral, vitamin, dan antioksidan guna menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Selain itu, ketimun juga bisa digunakan sebagai masker alami kulit untuk mengatasi kulit kering, iritasi kulit, dan kulit terbakar akibat sinar matahari (sunburn).

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Riset menunjukkan bahwa asupan tinggi antikosidan dapat mengurangi risiko seseorang untuk terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker rahim, dan kanker usus besar.

Manfaat ketimun untuk mencegaj kanker ada berkat kandungan antioksidan cucurbitacin, lignan, dan flavonoid di dalamnya yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

7. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ketimun selanjutnya yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan tulang. Studi menyebutkan bahwa vitamin K dan kalsium dalam ketimun dapat meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Tips Menyajikan Air Ketimun yang Segar dan Menyehatkan

Ketimun sering disajikan sebagai hiasan makanan atau dikonsumsi langsung sebagai lalapan atau rujak. Namun, ketimun juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan, lho.

Berikut adalah tips menyajikan minuman berbahan ketimun yang mungkin bisa Anda coba di rumah:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1/4 buah ketimun, iris-iris tipis
  • 2 buah jeruk limau
  • 2 buah jeruk lemon
  • 2 kantong teh hijau celup
  • 1 liter soda tawar
  • 1 liter air hangat
  • Sejumput daun mint
  • Es batu secukupnya.

Langkah pembuatan:

  • Masukkan daun mint dan teh celup ke dalam air hangat, biarkan hingga 5-10 menit.
  • Peras jeruk lemon dan jeruk limau, lalu campurkan ke dalam seduhan teh tadi. Jangan lupa pisahkan beberapa iris jeruk lemon untuk nanti dipakai sebagai hiasan.
  • Jika campuran sudah mengendap, masukkan irisan ketimun, kemudian sajikan minuman dengan es batu serta soda tawar, dan percantik dengan irisan jeruk lemon.

Masih banyak variasi resep minuman lainnya yang bisa Anda buat menggunakan campuran ketimun dan buah-buahan lainnya. Raciklah sesuai selera Anda guna mendapatkan beragam manfaat ketimun bagi kesehatan tubuh secara lebih menyenangkan.

Setelah mengetahui beragam manfaat ketimun, mulai sekarang jangan lagi abaikan kehadiran buah ini di piring Anda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat ketimun untuk kesehatan, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter.