Magnesium sitrat adalah obat yang digunakan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan sebagai suplemen mineral untuk mengatasi kekurangan magnesium.

Magnesium sitrat bekerja dengan cara menahan dan meningkatkan kadar air di tinja. Cara kerja ini akan membuat konsistensi tinja lebih lembut dan merangsang gerakan usus besar. Dengan begitu, feses akan lebih mudah dikeluarkan.

Young,Female,Suffering,Form,Stomach,Ache,On,Gray,Background,W/

Setelah dikonsumsi, efek obat dalam merangsang gerakan usus umumnya akan muncul dalam waktu 30 menit sampai 6 jam.

Merek dagang magnesium sitrat: -

Apa Itu Magnesium Sitrat

Golongan Obat bebas
Kategori Suplemen dan obat pencahar
Manfaat Sebagai suplemen mineral dan untuk mengatasi sembelit
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Magnesium sitrat untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Magnesium sitrat dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Tablet, kapsul, sirop

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Magnesium sitrat

Meskipun termasuk ke dalam golongan obat bebas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi magnesium sitrat, di antaranya:

  • Jangan mengonsumsi magnesium sitrat jika Anda alergi terhadap obat ini.
  • Konsultasikan perihal penggunaan magnesium sitrat dengan dokter jika Anda pernah atau sedang mengalami wasir, sumbatan usus, kolitis ulseratif, penyakit jantung, atau penyakit ginjal.
  • Konsultasikan perihal penggunaan magnesium sitrat dengan dokter jika Anda sedang mengalami sakit perut parah atau mual dan muntah yang tidak kunjung berhenti.
  • Konsultasikan ke dokter mengenai penggunaan magnesium sitrat jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Konsultasikan ke dokter jika Anda berencana mengonsumsi magnesium sitrat bersama obat, suplemen, atau produk herbal tertentu,
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat, overdosis, atau efek samping serius setelah menggunakan magnesium sitrat.

Dosis dan Aturan Pakai Magnesium Sitrat

Berikut ini adalah dosis umum magnesium sitrat berdasarkan tujuan penggunaan, jenis kelamin, dan usia pasien:

Tujuan: Suplemen nutrisi

  • Dewasa usia 19–30 tahun: Untuk pria, dosisnya 400 mg per hari. Untuk wanita, dosisnya 310–350 mg per hari.
  • Dewasa usia di atas 30 tahun: Untuk pria, dosisnya 420 mg per hari. Untuk wanita, dosisnya 320–360 mg per hari.

Tujuan: Mengatasi sembelit

  • Dewasa: 195–300 ml per hari, dapat dikonsumsi sekali sehari atau dibagi menjadi beberapa kali konsumsi. Dosis alternatif adalah 2–4 tablet saat akan tidur.
  • Anak-anak usia 2–6 tahun: 60–90 ml per hari, sekali sehari atau dibagi menjadi beberapa kali konsumsi. Dosis maksimal 90 ml per hari.
  • Anak-anak usia 6–12 tahun: 90–210 ml per hari, sekali sehari atau dibagi menjadi beberapa kali konsumsi.

Cara Menggunakan Magnesium Sitrat dengan Benar

Selalu ikuti anjuran dokter dan baca petunjuk yang terdapat pada kemasan obat sebelum mengonsumsi magnesium sitrat.

Konsumsi magnesium sitrat saat perut kosong, misalnya 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Telan magnesium sitrat tablet atau kapsul menggunakan bantuan segelas penuh air putih.

Gunakan sendok takar yang tersedia pada kemasan obat untuk menentukan dosis magnesium sitrat sirop. Jangan menggunakan alat takar lain, seperti sendok makan, karena dosisnya bisa berbeda. Minum segelas penuh air putih setelah mengonsumsi magnesium sitrat sirop.

Magnesium sitrat akan bekerja setelah 30 menit sampai 6 jam setelah obat dikonsumsi. Konsultasikan ke dokter jika sembelit tidak juga teratasi setelah 7 setelah konsumsi magnesium sitrat, karena obat ini ini tidak boleh digunakan lebih dari 7 hari.

Selain mengonsumsi magnesium sitrat, Anda diajurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayuran hijau atau buah-buahan, untuk mencegah terjadinya sembelit. Anda juga perlu minum air putih sekitar 6–8 gelas sehari. Selain itu, berolahraga dengan rutin juga bisa mencegah terjadinya sembelit.

Simpan magnesium sitrat pada suhu ruangan, di tempat yang kering, dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan magnesium sitrat dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Magnesium Sitrat dengan Obat Lain

Ada beberapa efek interaksi yang bisa terjadi jika magnesium sitrat digunakan bersama obat lain, yaitu:

  • Peningkatan kadar fosfat di dalam darah jika digunakan dengan erdafitinib
  • Penurunan efektivitas dolutegravir, baloxavir marboxil, atau kalium fosfat
  • Penurunan kadar tetrasiklin, oxytetracycline, minocycline, eltrombopag, doxycycline, atau demeclocycline di dalam darah

Efek Samping dan Bahaya Magnesium sitrat

Beberapa efek samping yang bisa muncul setelah menggunakan magnesium sitrat adalah BAB lebih sering, lebih encer, kram atau sakit perut, pusing, keringat berlebih, atau gangguan elektrolit. Konsultasikan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau justru semakin parah.

Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti sakit perut yang berat, tidak bisa buang air besar, atau tinja berdarah  setelah mengonnsumsi magnesium sitrat.