Tak hanya untuk wanita hamil, ada beragam manfaat asam folat untuk pria yang baik bagi kesehatan, mulai dari menjaga kualitas sperma hingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Untuk mengetahui lebih jauh, mari simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat asam folat untuk ibu hamil tentu tidak perlu diragukan lagi. Ini karena asam folat merupakan jenis vitamin B yang memiliki peranan penting bagi perkembangan janin. Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat.

4 Manfaat Asam Folat untuk Pria yang Penting untuk Diketahui - AlodokterNamun, tidak hanyak baik dikonsumsi oleh ibu hamil, tercukupinya kebutuhan asam folat juga dapat memberikan beragam manfaat untuk pria.

Beragam Manfaat Asam Folat untuk Pria

Ada beberapa manfaat asam folat untuk pria yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Menjaga kualitas sperma

Salah satu manfaat penting asam folat bagi pria adalah menjaga kualitas sperma. Sebuah studi menunjukan bahwa jumlah asam folat yang rendah di dalam tubuh pria dapat menurunkan kualitas sperma. Selain itu, asupan asam folat yang cukup juga bisa meningkatkan jumlah sperma.

2. Mencegah anemia

Salah satu penyebab kekurangan sel darah merah atau anemia adalah rendahnya kadar asam folat dalam tubuh. Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan asam folat dapat membuat Anda terhindar dari anemia. Ini karena asam folat berperan penting dalam produksi sel darah merah.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Asam folat diduga mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, sebab dapat menurunkan kadar homosistein, yaitu jenis asam amino dalam darah. Bila kadarnya terlalu tinggi, asam amino tersebut dapat membahayakan jantung.

4. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam folat diduga mampu mencegah pertumbuhan beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker pankreas, dan kanker usus besar. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas asam folat dalam mencegah berbagai jenis kanker.

Selain beberapa manfaat di atas, asam folat juga bermanfaat bagi pria untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit infeksi, bahkan mengatasi depresi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya tersebut.

Cara Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

Kebutuhan asam folat tiap pria berbeda-beda, tergantung usianya. Pada pria yang berusia 13 tahun ke atas, kebutuhan asam folat harian yang disarankan adalah 400 mcg per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat tersebut, Anda dapat mengonsumsi makanan yang merupakan sumber asam folat alami, seperti:

1. Kacang-kacangan

Di dalam secangkir kacang-kacangan terdapat sekitar 50 mcg asam folat. Jenis kacang yang tinggi kandungan asam folat meliputi kacang hijau, kacang merah, dan kacang tanah.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, brokoli, dan kol merupakan sayuran yang kaya asam folat. Di dalam satu cangkir sayuran hijau mengandung sekitar 58,2 mcg asam folat. Selain mengandung asam folat, sayuran hijau juga kaya akan vitamin dan mineral.

3. Buah-buahan

Secangkir alpukat mengandung sekitar 60 mcg asam folat, sedangkan satu cangkir jeruk mengandung sekitar 35 mcg asam folat. Kedua jenis buah-buahan ini bisa menjadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan asam folat sehari-hari.

4. Hati sapi

Selain beragam makanan di atas, hati sapi dan ayam juga bisa dijadikan pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Namun, sebaiknya hindari konsumsi makanan ini secara berlebihan karena mengingat kadar kolesterolnya yang cukup tinggi.

Itulah beragam manfaat asam folat untuk pria yang penting untuk diketahui. Agar penyerapan asam folat maksimal, Anda perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol. Jika ingin mengonsumsi suplemen asam folat, sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dulu guna mendapatkan dosis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.