Di balik keunikan bentuknya, bunga kenanga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengurangi stres hingga mengobati infeksi jamur. Mari kita kenali lebih jauh mengenai ragam manfaat bunga kenanga ini.

Bunga kenanga merupakan bunga dari pohon kenanga (Cananga odorata) yang banyak tumbuh di beberapa negara Asia, termasuk di Indonesia. Sebagian besar manfaat bunga kenanga biasanya berasal dari kandungan minyak esensial di dalamnya.

Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan - Alodokter

Berbagai Manfaat Bunga Kenanga

Bunga kenanga sudah lama digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum. Kini, bunga kenanga sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi, karena minyak esensial dan senyawa bioaktif yang ada di dalamnya diduga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah:

1. Mengurangi tingkat stres dan kecemasan

Penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma dari minyak esensial bunga kenanga dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres, serta meningkatkan rasa percaya diri. Minyak esensial bunga kenanga bahkan terbukti dapat menambah efektivitas terapi pencegahan risiko bunuh diri pada pasien dengan depresi berat.

Manfaat bunga kenanga ini bisa Anda rasakan dengan mengoleskan minyak esensialnya ke kulit, sehingga aromanya bisa Anda hirup sepanjang hari.

2. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kandungan minyak esensial bunga kenanga memiliki efek menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik serta melambatkan detak jantung. Efek ini dapat bermanfaat untuk penderita hipertensi, terutama bila digunakan secara rutin.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Minyak esensial bunga kenanga diketahui memiliki senyawa linalool yang dapat menghasilkan efek sedatif (penenang). Senyawa ini dapat menurunkan aktivitas saraf di otak sehingga menimbulkan efek mengantuk. Tak heran jika bunga kenanga sering dijadikan sebagai aromaterapi untuk membuat tidur lebih nyenyak.

4. Mencegah dan meringankan gejala asma

Asma merupakan penyakit pernapasan yang erat hubungannya dengan stres. Jika memiliki asma, Anda bisa menggunakan minyak esensial bunga kenanga untuk mencegah kambuhnya asma yang dipicu oleh stres.

Selain itu, Anda juga memanfaatkan minyak esensial bunga kenanga untuk membantu meringankan gejala asma. Setelah menggunakan obat medis untuk serangan asma, Anda bisa mengoleskan minyak esensial di dada dan menghirupnya selama 15–20 menit.

5. Mengobati infeksi jamur

Bunga kenanga dinilai efektif untuk mengobati infeksi jamur, terutama infeksi Candida albicans. Selain dapat menimbulkan efek kantuk, senyawa linalool dalam bunga kenangan juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Manfaat bunga kenanga yang sudah digunakan dalam pengobatan tradisional sebenarnya masih banyak. Selain yang disebutkan di atas, bunga kenanga juga sudah dimanfaatkan untuk pengobatan malaria, asam urat, dan sebagai penambah libido. Namun, manfaat-manfaat ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Minyak esensial bunga kenanga umumnya aman untuk digunakan. Untuk mendapatkan manfaat bunga kenanga, Anda bisa membuat uap aromaterapi dari minyak esensialnya dengan menggunakan diffuser.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, minyak esensial bunga kenanga juga bisa dioleskan langsung di kulit untuk kemudian dihirup aromanya. Namun, pada beberapa orang, kandungan isoeugenol dalam minyak ini dapat menimbulkan dermatitis kontak.

Untuk mencegah ini, minyak esensial bunga kenanga harus dicampur dengan minyak pelarut sebelum dioleskan, misalnya minyak kelapa. Perbandingan yang biasa digunakan adalah 1 sendok teh minyak kelapa untuk 1 tetes minyak esensial bunga kenanga.za

Setelah mengetahui macam-macam manfaat bunga kenanga, Anda bisa mulai menggunakannya dalam keseharian. Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati, terutama bila Anda memiliki kondisi medis tertentu. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui keamanan bunga kenanga sesuai kondisi Anda.