Manfaat bunga lawang bagi kesehatan memang sudah lama dikenal. Selain dipercaya bisa mengobati influenza, masih ada lagi beberapa manfaat dari rempah yang berbentuk seperti bintang ini.

Bunga lawang (Illicium verum) merupakan rempah asli Tiongkok dan Vietnam yang tumbuh dari buah pohon cemara Cina. Rempah ini sering kali digunakan sebagai penyedap masakan karena cita rasanya yang manis, hampir mirip seperti rasa licorice dan adas.

Manfaat Bunga Lawang bagi Kesehatan - Alodokter

Ragam Manfaat Bunga Lawang bagi Kesehatan

Bunga lawang hampir tidak mengandung makronutrien (karbohidrat, lemak, protein) maupun mikronutrien (vitamin dan mineral). Meski begitu, rempah ini mengandung banyak sekali senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk tubuh.

Berikut ini adalah beberapa senyawa bioaktif yang terkandung pada bunga lawang:

  • Tanin
  • Anetol
  • Linalool
  • Limonene
  • Flavonoid, seperti quercetin, kaempferol, dan antosianin
  • Asam shikimat (shikimic acid)
  • Asam galat

Senyawa-senyawa ini sudah banyak terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan. Melihat banyaknya senyawa bioaktif yang terkandung pada bunga lawang, tidak heran bila rempah ini dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga lawang yang perlu Anda ketahui:

Mengobati influenza

Kandungan asam shikimat dalam bunga lawang diketahui memiliki sifat antivirus yang sangat kuat. Bahkan, zat ini dijadikan salah satu bahan aktif utama di salah satu merek obat populer untuk pengobatan influenza. Itulah mengapa bunga lawang dinilai efektif dalam membantu mengobati influenza.

Mengatasi infeksi jamur dan bakteri

Bunga lawang dikenal sebagai salah satu jenis rempah yang memiliki sifat antijamur paling ampuh. Hal ini dikarenakan bunga lawang merupakan sumber anetol dan linalool yang terbukti sangat berpotensi dalam menghambat pertumbuhan infeksi jamur pada manusia.

Tak hanya itu, sebuah penelitian juga menduga bahwa ekstrak bunga lawang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, bahkan yang sudah kebal terhadap beberapa jenis antibiotik. Rempah ini juga diduga efektif dalam mengobati infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh berbagai macam bakteri.

Mencegah gigitan nyamuk

Bunga lawang juga efektif digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti. Hal ini bisa terjadi karena bunga lawang mengandung berbagai macam minyak atsiri, seperti anetol, linalool, dan limonen, yang aromanya tidak disukai oleh nyamuk. Selain itu, linalool juga dapat menyebabkan iritasi pada bagian tubuh nyamuk.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat bunga lawang untuk kesehatan, seperti melancarkan ASI, meningkatkan gairah seksual, mengatasi gangguan menstruasi, mengatasi pembengkakan paru-paru, serta meredakan batuk dan perut kembung.

Meski manfaat bunga lawang untuk kesehatan ada beragam, perlu diketahui bahwa kebanyakan dari manfaat-manfaat ini masih perlu dibuktikan dengan penelitian dan uji klinis yang terpercaya. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan bunga lawang sebagai pengobatan tradisional.

Salah satu contoh adalah penggunaan bunga lawang untuk mengatasi kolik pada bayi. Manfaat bunga lawang yang satu ini sudah cukup terkenal di masyarakat, tapi kemudian ahli menemukan bahwa penggunaan ini bisa berbahaya untuk bayi.

Jadi, ambillah manfaat bunga lawang dengan cara yang teraman, yaitu dengan memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari Anda. Selain bisa mendapatkan tambahan rasa, Anda juga bisa memperoleh manfaat bunga lawang dari senyawa bioaktifnya.

Namun, jika Anda ingin menggunakan bunga lawang untuk mengobati penyakit tertentu, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Hal ini sangat penting untuk mengetahui efektivitas dan keamanan bunga lawang terhadap kondisi Anda, serta interaksinya dengan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.

TAG: herba