Salah satu manfaat bunga teratai yang paling umum adalah untuk mengobati diare. Di samping itu, masih ada berbagai manfaat bunga teratai lainnya yang perlu Anda ketahui.

Sebagian dari manfaat bunga teratai diketahui melalui praktik pengobatan tradisional yang sudah berlangsung sejak lama. Namun, ada juga manfaat yang ditemukan melalui studi terbaru tentang nutrisi dan senyawa bioaktif yang terkandung dalam bunga ini.

Manfaat Bunga Teratai untuk Kesehatan - Alodokter

Berbagai Manfaat Bunga Teratai untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga teratai bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi diare

Pada bagian tengah bunga teratai, terdapat kumpulan biji teratai. Biji ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup merendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam, lalu meminumnya selagi hangat. Tambahkan gula sesuai selera untuk menyedapkan rasa.

2. Mengatasi kulit berminyak dan mencegah jerawat

Kelopak bunga teratai dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengolesi wajah dengan ekstrak kelopak bunga teratai dan teh hijau dapat secara signifikan mengurangi produksi minyak yang bisa menyumbat pori-pori. Hal ini akan membantu mencegah timbulnya jerawat.

3. Menyehatkan jantung

Akar bunga teratai mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Selain itu, akar bunga teratai juga mengandung cukup banyak kalium yang diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Khasiat-khasiat tersebut dapat menyehatkan jantung dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, misalnya penyakit jantung koroner atau gagal jantung. Untuk mendapatkan manfaat bunga teratai yang satu ini, Anda bisa merebus akarnya selama 10 menit dan mengonsumsinya dengan bumbu maupun tanpa bumbu.

4. Mengurangi peradangan

Biji bunga teratai dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan biji bunga teratai mengandung senyawa polisakarida yang memiliki efek antiradang serta antioksidan.

Manfaat bunga teratai ini sangat penting, karena adanya peradangan dalam tubuh diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

5. Mengatasi perdarahan berlebih saat haid

Ekstrak daun dan akar bunga teratai juga telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk melancarkan siklus haid serta menghentikan perdarahan berlebih saat haid.

Selain itu, beberapa ahli juga menyarankan untuk minum jus bunga teratai untuk mencegah anemia setelah menstruasi. Sayangnya, belum ada penelitian medis yang mendukung klaim ini.

6. Melawan pertumbuhan sel kanker paru-paru

Sebuah penelitian menyatakan bahwa biji bunga teratai berpotensi menjadi obat kanker paru-paru. Potensi ini datang dari neferine, yaitu senyawa organik di dalam biji bunga teratai. Pada penelitian tersebut, senyawa ini terbukti dapat membunuh serta menghambat penyebaran sel kanker paru-paru.

Selain beragam manfaat di atas, masih ada beberapa manfaat bunga teratai lainnya bagi kesehatan. Bunga ini dipercaya dapat membantu meredakan batuk, menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, mencegah penyakit diabetes, serta mencegah risiko penyakit jantung.

Meski sebagian besar manfaat bunga teratai masih perlu dipastikan dengan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan bunga ini sebagai salah satu pilihan menu sehat.

Di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara, bunga teratai sudah lama dijadikan makanan, misalnya sup bunga teratai. Namun, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus atau mencampurkannya ke dalam salad sayur.

Bila Anda ingin mengambil manfaat bunga teratai sebagai obat herbal untuk keperluan medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini penting agar dokter bisa memberikan saran mengenai penggunaan bunga teratai yang aman untuk kondisi Anda.