Umumnya, orang melakukan olahraga lari di pagi hari. Namun, ada juga yang melakukannya di sore hari. Anda mungkin bertanya-tanya apa manfaat lari sore bagi kesehatan tubuh. Adakah perbedaannya dengan manfaat yang didapatkan dari lari di waktu yang lain?

Manfaat lari bagi kesehatan memang sudah jelas, di antaranya adalah menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, menyehatkan jantung, dan menjaga berat badan. Jika Anda rutin berolahraga, termasuk lari, risiko Anda untuk terkena penyakit tertentu bisa berkurang.

Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter

Beragam Manfaat Lari Sore

Sejauh ini, belum ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa berlari pada waktu tertentu akan memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik dibandingkan jika dilakukan pada waktu yang lain.

Meski demikian, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila melakukan rutinitas lari di sore hari, yaitu:

1. Meningkatkan performa dalam berolahraga

Suatu penelitian membuktikan bahwa performa tubuh akan meningkat di sore hari, tepatnya sekitar pukul 2–6 petang. Pada waktu ini, fungsi tubuh, termasuk fungsi otot, berada dalam level yang optimal. Selain itu, pada sore hari penyerapan oksigen dalam tubuh menjadi lebih tinggi.

Dengan meningkatnya kemampuan tubuh dalam menyerap oksigen, tubuh Anda menjadi lebih efektif dalam menggunakan energi dan olahraga yang Anda lakukan bisa menjadi lebih optimal, khususnya ketika Anda melakukan olahraga berintensitas tinggi.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang berolahraga di sore hari cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dan lebih lama malam harinya. Jika Anda sedang berusaha untuk memperbaiki pola tidur, manfaat lari sore satu ini sangat cocok untuk Anda.

3. Membantu melepas stres

Olahraga, termasuk lari, diketahui dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati. Berlari di sore hari bisa Anda manfaatkan untuk melepas stres dan ketegangan yang melanda seharian, baik saat belajar atau bekerja.

4. Membakar kalori makan siang

Makan siang biasanya merupakan waktu makan yang ditunggu-tunggu, apalagi bagi mereka yang harus buru-buru ke kantor dan tidak sarapan di pagi harinya.

Semua ini bisa saja membuat seseorang kalap dan makan banyak di siang hari. Akhirnya, kalori makan siang menjadi kelewat besar. Jika ini terjadi pada Anda, manfaatkan lari sore sebagai pembakar kalori-kalori tersebut. Trik ini bisa menghindarkan Anda dari obesitas jika dilakukan secara konsisten.

Selain manfaat-manfaat di atas, dengan lari sore, Anda juga tidak perlu bersusah payah bangun pagi-pagi untuk pergi berolahraga. Jadi, Anda bisa lebih santai dan menikmati waktu Anda berolahraga. Ini bisa menjadi pilihan yang sempurna jika Anda adalah tipe orang yang lebih banyak aktif pada sore hingga malam hari.

Sebenarnya, manfaat lari sore maupun pagi sama-sama bisa Anda rasakan jika dilakukan secara rutin. Bila Anda masih memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli kebugaran atau dokter untuk menentukan jenis olahraga dan waktu yang pas, sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan Anda.