Manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh tak perlu diragukan lagi. Bila dilakukan secara rutin, berlari di pagi hari bisa menambah energi dan stamina tubuh agar bisa produktif sepanjang hari. Tak hanya itu, ada banyak manfaat lari pagi lainnya yang perlu Anda ketahui.

Cuaca yang sejuk dan pikiran yang masih fresh mungkin menjadi salah satu alasan mengapa sebagian besar orang lebih memilih untuk berlari di pagi hari dibandingkan di sore hari. Di samping itu, lari pagi juga bisa memberikan banyak manfaat, baik terhadap kesehatan fisik maupun mental.

5 Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter

Beragam Manfaat Lari Pagi

Jika dilakukan secara rutin dan teratur, ada banyak manfaat lari pagi yang bisa Anda peroleh, antara lain:

1. Menambah energi dan stamina tubuh

Mengawali hari dengan rutin lari pagi bisa meningkatkan energi dan stamina tubuh. Dengan berolahraga lebih awal secara rutin, Anda mungkin akan merasa lebih berenergi dan termotivasi untuk bergerak lebih aktif sepanjang hari.

Tak hanya itu, aktivitas fisik di pagi hari, termasuk berlari, juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi, sehingga Anda bisa menjadi lebih siap dan semangat untuk menjalani hari dengan produktif.

2. Membantu meningkatkan suasana hati

Manfaat lari pagi yang kedua adalah sebagai mood booster atau peningkat suasana hati.

Saat Anda berolahraga, tubuh melepaskan berbagai bahan kimia di otak, termasuk dopamin, serotonin, dan endorfin, yang mampu memperbaiki emosi dan suasana hati. Selain itu, berolahraga juga bisa menyeimbangkan kadar hormon stres dalam tubuh.

Oleh karena itu, memulai hari dengan berolahraga, misalnya lari pagi, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membangun mood yang bagus dan energi yang positif sepanjang hari.

3. Mengendalikan nafsu makan

Lari pagi secara rutin juga bisa mengendalikan nafsu makan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari membantu mengontrol nafsu makan dengan mengurangi hormon perangsang rasa lapar (ghrelin) dan meningkatkan hormon pemberi rasa kenyang (leptin).

Dengan tingkat nafsu makan yang lebih terkendali, keinginan untuk makan atau ngemil lebih banyak juga bisa dihindari, sehingga berat badan terjaga.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat lari pagi lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan adalah bisa meningkatkan kualitas tidur.

Dengan rutin lari pagi, Anda akan merasa lebih cepat mengantuk di malam hari, sehingga menjadi lebih jarang begadang. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami masalah susah tidur atau insomnia, cobalah lari pagi minimal selama 30 menit setiap hari.

5. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Beberapa penelitian membuktikan bahwa lari pagi secara rutin bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Selain berbagai manfaat di atas, lari pagi dan olahraga secara rutin juga baik untuk menambah daya ingat, memperkuat sendi dan otot-otot tubuh, serta meningkatkan libido.

Tips Mendapatkan Manfaat Lari Pagi dengan Maksimal

Untuk memulai rutinitas lari pagi, ikutilah beberapa tips berikut agar Anda bisa mendapatkan manfaat lari pagi dengan optimal sekaligus untuk mengurangi risiko cedera:

  • Tidur yang nyenyak agar bisa bangun lebih awal.
  • Sarapan dengan makanan ringan yang kaya karbohidrat dan protein, seperti roti, oatmeal, atau pisang yang didampingi dengan telur, yogurt, atau susu.
  • Pastikan menggunakan baju olahraga dan sepatu lari yang nyaman.
  • Minum banyak air sebelum, selama, dan setelah berlari.
  • Lakukan pemanasan sebelum berlari.
  • Pilih area berlari yang terang dan aman, jika Anda berlari di luar rumah.
  • Hindari berlari sambil mendengarkan musik terlalu kencang, agar Anda bisa tetap waspada dan memperhatikan lingkungan sekitar.
  • Tingkatkan intensitas dan durasi berlari secara bertahap.
  • Ajaklah teman untuk berlari pagi bersama agar lebih menyenangkan dan menambah motivasi diri untuk terus berlari secara rutin.
  • Segera istirahat dan berhenti lari, jika Anda mengalami cedera atau keluhan tertentu, seperti nyeri atau kram otot, lemas, pusing, atau sakit kepala saat berlari.

Meski lari pagi memiliki beberapa keuntungan, bukan berarti lari sore tidak membawa banyak manfaat. Manfaat lari pagi atau lari sore sama-sama bisa Anda rasakan jika dilakukan secara rutin dan konsisten.

Jadi, Anda bisa menentukan waktu berolahraga yang sesuai dengan kebutuhan, jadwal pribadi, gaya hidup, dan kebiasaan tidur Anda. Yang terpenting adalah berolahragalah di bawah jam 10 pagi atau antara jam 4 sore sampai jam 7 malam.

Pastikan juga memberikan jeda waktu antara olahraga dan tidur malam, minimal 1 jam, agar tidak mengganggu kualitas tidur.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat lari pagi atau bila Anda memiliki kondisi tertentu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan olahraga yang aman dan waktu yang cocok, sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan Anda.