Drama Korea banyak digemari karena ceritanya yang menarik. Tidak hanya menghibur, drama Korea ternyata juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan mental, lho. Tak heran bila drama Korea semakin digemari oleh banyak kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.

Menonton drama Korea mungkin sudah menjadi hiburan sehari-hari bagi banyak orang. Ada orang yang menonton drama Korea di sela-sela kesibukannya dan ada pula yang menonton untuk menghabiskan waktu atau sekadar mencari hiburan.

Manfaat Menonton Drama Korea untuk Kesehatan Mental - Alodokter

Tak hanya menghibur, menonton drama Korea juga memiliki manfaat terhadap kesehatan mental Anda. Apa sajakah manfaat itu?

Berbagai Manfaat Menonton Drama Korea untuk Kesehatan Mental

Berikut ini adalah beberapa manfaat menonton drama Korea untuk kesehatan fisik dan mental Anda:

1. Mengurangi kecemasan

Ketika merasa cemas, Anda akan merasa gelisah dan sulit konsentrasi. Rasa cemas juga bisa membuat jantung berdebar kencang dan menyebabkan otot tubuh terasa kaku serta tegang. Hal ini tentu membuat Anda merasa tidak nyaman.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas tersebut adalah dengan melakukan relaksasi. Ada beragam bentuk relaksasi yang dapat Anda lakukan, dan salah satunya adalah menonton televisi atau tayangan hiburan, seperti drama Korea.

Bahkan, ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa menonton film atau drama bisa membuat orang yang akan menjalani tindakan medis tertentu cenderung merasa lebih tenang dan tidak merasa cemas. Hal ini menandakan bahwa drama Korea dapat dijadikan hiburan yang membuat Anda merasa lebih rileks.

2. Meredakan stres

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh setiap orang. Namun, jika stres sudah membuat Anda merasa terganggu, cobalah untuk istirahat sejenak. Di sela waktu tersebut, Anda bisa mengurangi stres dengan menonton drama Korea.

Saat menonton suatu tayangan hiburan, misalnya drama Korea, tubuh akan melepaskan hormon dopamin dan endorfin. Kedua hormon tersebut membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik, sehingga stres pun berkurang.

3. Meringankan masalah psikologis

Menonton film bahkan telah digunakan sebagai metode terapi tambahan untuk membantu orang yang mengalami masalah psikologis, seperti gangguan cemas, depresi, gangguan panik, fobia sosial, gangguan disformik tubuh, gangguan makan, dan trauma.

Akan tetapi, perhatikan pula jenis drama Korea yang Anda tonton. Agar tidak membuat Anda semakin gelisah atau sedih, pilihlah drama Korea yang memiliki unsur komedi agar bisa membuat Anda tertawa dan terhibur.

4. Membangun rasa percaya diri

Anda merasa kurang percaya diri saat berbicara di depan umum atau bertemu orang baru? Cobalah menonton drama Korea atau film dengan tokoh atau karakter yang memiliki masalah serupa dengan Anda.

Ketika melihat karakter tersebut berjuang menangani masalah yang dialami dan berhasil mengatasinya, Anda secara tidak langsung membayangkan diri Anda melakukan hal yang sama. Dengan begitu, rasa percaya diri Anda bisa muncul.

5. Menjadi lebih sadar akan kesehatan mental

Drama Korea dapat dijadikan sebagai media untuk mengedukasi Anda dan masyarakat luas tentang kesehatan mental. Hal ini dipicu oleh banyaknya drama Korea yang mengangkat cerita tentang penderita gangguan mental dan bagaimana penderita tersebut mengatasi kondisi yang dialaminya.

Dampak Negatif Menonton Drama Korea untuk Kesehatan Mental

Meski memiliki banyak manfaat, terlalu banyak menonton drama Korea bisa memberikan dampak negatif terhadap kesehatan pikiran dan tubuh. Berikut ini adalah dampak negatif dari kebiasaan menonton drama Korea secara berlebihan:

Kecanduan atau terobsesi

Menonton drama Korea ternyata bisa membuat Anda terobsesi, baik dengan cerita drama itu sendiri atau dengan pemerannya. Saat terobsesi, Anda mungkin sulit untuk berhenti memikirkannya atau bahkan tidak sabar menunggu kelanjutan ceritanya.

Hal ini secara tidak langsung bisa memengaruhi kondisi emosional Anda dan berdampak pada terganggunya aktivitas sehari-hari.

Lupa dengan lingkungan sekitar

Menonton drama Korea bisa membuat Anda malas beraktivitas atau berinteraksi dengan orang lain, bahkan dengan keluarga sendiri. Padahal, hubungan dan interaksi sosial Anda dengan orang sekitar tetap penting untuk selalu dijaga.

Kurang tidur

Terlalu asik menonton drama Korea sering kali membuat Anda rela begadang dan mengurangi waktu tidur. Padahal, kebiasaan ini jelas tidak baik karena dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti depresi, gangguan cemas, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Selain berbagai kondisi di atas, terlalu lama menonton drama Korea juga bisa menyebabkan sakit punggung dan gangguan pada aliran darah karena terlalu lama duduk.

Jika Anda gemar nonton drama Korea, jangan lupa untuk istirahat, makan, dan tidur yang cukup. Jangan sampai hal yang membuat Anda senang ini justru memicu masalah kesehatan dan berdampak buruk pada kehidupan Anda sehari-hari.

Jika Anda sudah merasa sangat kecanduan menonton drama Korea hingga mengganggu aktivitas sehari-hari atau membuat Anda malas beraktivitas, jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk menemukan solusinya.