Banyak anggapan bahwa manfaat air mineral sama dengan air putih biasa. Padahal, di dalam air mineral ada banyak senyawa alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini berbeda dengan air putih biasa yang tidak tentu kandungan mineralnya.

Air mineral adalah air yang didapatkan dari mata air alami di permukaan ataupun bawah tanah. Air dari sumber ini biasanya kaya akan mineral, seperti kalsium, magnesium, dan natrium. Berkat kandungan inilah air mineral memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat Minum Air Mineral untuk Kesehatan - Alodokter

Ragam Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat konsumsi air mineral yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan kesehatan tulang dan otot

Kalsium yang terkandung dalam air mineral bisa diserap tubuh sama baiknya dengan kalsium dalam susu, bahkan mungkin lebih baik. Hal ini berarti air mineral bisa dimanfaatkan sebagai sumber kalsium untuk meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Tak hanya itu, magnesium dan bikarbonat dalam air mineral juga dapat memelihara kesehatan tulang dan otot.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi air mineral dapat membantu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Hal ini diduga karena kandungan kalsium dan magnesium di dalam air mineral yang tinggi. Meski demikian, kaitan antara air mineral dengan penurunan tekanan darah masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Menjaga kesehatan jantung

Magnesium diketahui sebagai mineral yang berperan penting dalam mengendalikan kerja otot jantung dan irama jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan magnesium dalam air mineral terbukti dapat menekan risiko terjadinya kematian akibat penyakit jantung.

4. Membantu mengatasi sembelit

Manfaat air mineral selanjutnya adalah membantu mengatasi sembelit. Hal ini bisa terjadi karena magnesium di dalam air mineral dapat menarik air ke dalam rongga usus, sehingga membuat tinja lebih lunak.

Selain manfaat-manfaat di atas, masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dari air mineral. Kandungan bikarbonat dalam air mineral dapat membantu menetralkan asam lambung. Sedangkan sulfat dan klorida-nya bermanfaat untuk saluran pencernaan, termasuk hati dan empedu, serta zat besi yang penting untuk mencegah anemia.

Dampak Kekurangan Mineral

Kekurangan mineral dalam tubuh tidak boleh disepelekan karena kondisi ini berisiko menimbulkan sejumlah masalah, di antaranya:

  • Patah tulang, terutama pada anak-anak
  • Penyakit neurodegeneratif tertentu
  • Penyakit saraf motorik
  • Kematian mendadak

Selain itu, kekurangan mineral juga dapat memicu beberapa jenis kanker dan komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia.

Sama seperti air putih, khasiat utama air mineral adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan. Anak-anak idealnya meminum 5–8 gelas air mineral dalam sehari, sedangkan orang dewasa idealnya minum sekitar 10–15 gelas per hari agar tidak dehidrasi.

Air mineral juga dapat sekaligus memberikan asupan mineral yang juga dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, memilih air mineral sebagai minuman sehari-hari dapat mendatangkan manfaat lebih banyak daripada bila memilih air putih biasa.

Meski demikian, orang dengan penyakit tertentu, misalnya batu ginjal atau gagal ginjal, mungkin harus memperhatikan asupan air dan mineral. Jika Anda memiliki penyakit tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu kepada dokter terkait jenis dan kandungan air mineral yang bisa Anda konsumsi.