Positive self-talk adalah berdialog dengan diri sendiri menggunakan kalimat positif. Meski tidak terdengar di telinga, positive self-talk dapat memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku diri sendiri.

Sadarkah kamu bahwa sebenarnya kamu kerap berbicara pada dirimu sendiri? Tak jarang pula hal yang diutarakan berupa kalimat negatif dan jelek mengenai dirimu. Hal ini biasanya berasal dari pemikiran negatif dan tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Manfaat Positive Self-Talk dan Cara Melakukannya - Alodokter

Untuk mengatasinya, mulai saat ini kamu harus membiasakan diri melakukan positive self-talk. Banyak manfaat yang diperoleh dari melakukan ini dan cara melakukannya juga tidak sulit, kok.

Berbagai Manfaat Positive Self-Talk

Positive self-talk terbukti memiliki peranan yang cukup besar terhadap performa dan kehidupan sehari-hari seseorang. Sebagai contoh, atlet yang terbiasa melakukan positive self-talk cenderung memiliki performa yang lebih baik saat pertandingan dibandingkan dengan yang tidak.

Selain itu, manfaat yang juga bisa diperoleh dari positive self-talk antara lain:

1. Membantu diri untuk mengambil sisi positif dari suatu peristiwa

Positive self-talk bukan berarti membohongi diri sendiri, ya. Cara ini dilakukan agar seseorang terbiasa untuk melihat segala peristiwa dalam sudut pandang positif.

Misalnya, ketika peristiwa buruk terjadi karena kesalahanmu, melakukan positive self-talk akan membantu kamu untuk mengambil sisi positif dari peristiwa tersebut. Ke depannya, kamu bisa belajar dari kesalahan dan melakukannya dengan lebih baik, bukannya berhenti di tempat dan menyesali apa yang sudah terjadi.

2. Membangun kekuatan mental

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang melakukan positive self-talk cenderung lebih kuat secara mental sehingga lebih terhindar dari kecemasan, stres, dan depresi. Positive self-talk juga dapat membuat seseorang lebih menghargai badan dan penampilannya, sehingga mencegah atau bahkan mengatasi gangguan makan.

Selain itu, orang dengan mental yang kuat juga akan mampu berpikir secara jernih dalam menghadapi kesulitan atau tantangan yang dialami. Hal ini membuat mereka tidak mudah terpuruk ketika mendapatkan cobaan.

3. Meningkatkan kualitas hidup

Membiasakan diri melakukan positive self-talk nyatanya dapat membuat hidupmu menjadi lebih berkualitas, lantaran kamu menjadi lebih percaya diri dan menghargai dirimu. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membantumu menumbuhkan rasa optimis, harapan, serta kedamaian dalam dirimu di berbagai situasi.

4. Menjaga kesehatan fisik secara keseluruhan

Selain menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kualitas hidup, positive self-talk juga berdampak baik bagi kesehatan fisik kamu, lho. Kebiasaan ini membuat tubuh menjadi lebih bugar dan mencegah kamu terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, daya tahan tubuh juga dapat lebih kuat dengan sering melakukan positive self-talk.

Cara Melakukan Positive Self-Talk

Positive self-talk tidak serta merta bisa muncul begitu saja. Kebiasaan ini harus dilatih dan dilakukan dengan konsisten, terlebih bagi kamu yang memang cenderung lebih sering berpikir negatif terhadap diri sendiri atau menyalahkan diri sendiri.

Untuk bisa terlatih melakukan positive self-talk, kamu harus bisa menyadari pikiran negatif yang ada di dalam dirimu. Cobalah untuk mulai memperhatikan pikiran-pikiran kamu dari waktu ke waktu.

Berkomitmenlah untuk menciptakan self-talk yang membangun dan tanggalkan segala bentuk pemikiran negatif setiap kali ia akan muncul. Abaikan pikiran negatif tersebut dan fokuslah pada kalimat positif yang kamu ucapkan. Lakukan ini berulang-ulang, dalam hati atau secara lantang, hingga kamu menjadi terbiasa.

Sebagai contoh, jika sebelumnya kamu sering berkata, “Aku selalu gagal dan mempermalukan diri sendiri,” ketika melakukan kesalahan, ganti kalimat tersebut menjadi, “Kesalahan ini adalah bagian dari pengalamanku dan akan menjadi pelajaran yang membuatku lebih baik lagi ke depannya.”

Atau jika kamu sering berpikir, “Aku belum pernah melakukan ini sebelumnya. Aku pasti akan mengecewakan semuanya,” ganti kalimat itu menjadi, “Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagiku. Aku akan memanfaatkannya sebaik mungkin dan memberikan yang terbaik.”

Positive self-talk dapat memberikan efek baik bagi kesehatan mental dan fisik, serta meningkatkan kualitas hidupmu. Namun, perlu diingat, kebiasaan ini perlu dilatih dan harus dilakukan dengan konsisten, ya.

Jika kamu merasa kesulitan menerapkan ini dan masih sering dikuasai oleh pikiran-pikiran negatif, jangan malu untuk meminta bantuan psikolog dan psikiater. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasinya.