Manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit beragam, mulai dari mencerahkan hingga mengurangi kerutan di wajah. Manfaat ini dapat diperoleh berkat nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya.

Manfaat pepaya tidak hanya dapat diperoleh dari buahnya secara langsung, tetapi juga dapat diambil dari ekstraknya yang telah terkemas dalam sabun pepaya. Selama ini, banyak orang sudah menggunakan sabun pepaya untuk membersihkan badan atau menjadikannya sebagai sabun pembersih wajah.

Manfaat Sabun Pepaya untuk Kesehatan Kulit Wajah - Alodokter

Ini Manfaat Sabun Pepaya

Manfaat sabun pepaya untuk kecantikan kulit cukup banyak, di antaranya:

1. Mengangkat sel kulit mati

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat wajah terlihat lebih bersih dan sehat. Dengan menggunakan sabun pepaya secara teratur, kulit akan tampak lebih cerah dan halus.

2. Mencerahkan kulit

Karena mampu mengangkat sel kulit mati, penggunaan sabun pepaya secara rutin juga dapat mencerahkan kulit. Tak hanya itu, sabun pepaya juga dapat mengatasi bercak-bercak gelap akibat hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit yang belang.

3. Mengatasi kulit berjerawat dan beruntusan

Manfaat sabun pepaya selanjutnya adalah mengurangi beruntusan dan jerawat pada kulit. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan enzim papain. Papain terbukti efektif dalam menghancurkan tumpukan keratin yang muncul sebagai beruntusan di wajah.

Selain itu, kemampuan enzim papain dalam mengangkat sel kulit mati juga mencegah penyumbatan pori-pori yang memicu munculnya jerawat.

4. Mengurangi kerutan di wajah

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada sabun pepaya mampu merangsang produksi kolagen kulit. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembapan dan elastisitasnya. Kadar kolagen yang cukup pada kulit dapat membuat kulit tampak lebih segar dan kencang.

Meski manfaat sabun pepaya untuk kecantikan kulit ada beragam, Anda tetap harus hati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya, pada sebagian orang, reaksi alergi berupa gatal, kemerahan, maupun pembengkakan dapat muncul setelah menggunakan sabun pepaya.

Risiko alergi kulit terhadap sabun pepaya biasanya muncul pada orang yang memiliki alergi terhadap buah pepaya atau lateks. Jadi, jika muncul reaksi alergi, segera hentikan penggunaan dan bilas segera dengan air bersih.

Selain memperhatikan reaksi alergi, pastikan pula bahwa sabun pepaya yang Anda beli telah mengantongi izin BPOM. Sabun yang belum memiliki izin BPOM sebaiknya tidak Anda gunakan karena belum terbukti keamanannya.

Langkah Merawat Kulit Wajah

Manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit wajah dapat diperoleh dengan optimal jika Anda juga melakukan perawatan kulit dengan benar. Untuk itu, pastikan Anda telah menerapkan langkah berikut saat merawat kulit wajah:

  • Bersihkan wajah secara rutin menggunakan sabun pepaya setidaknya dua kali sehari.
  • Keringkan wajah dengan handuk lembut dengan menepuk wajah secara perlahan setelah dibersihkan.
  • Oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar UV.
  • Terapkan pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Itulah manfaat sabun pepaya dan cara menjaga kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui. Jika sudah menggunakan sabun pepaya, tetapi hasil yang didapat tidak memuaskan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.