Teksturnya yang lembut membuat masker susu dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan kulit, terutama kulit wajah. Manfaat masker susu sangat beragam, mulai dari mengencangkan dan menghaluskan kulit hingga mengatasi jerawat. Yuk, simak manfaat lain dari masker susu dan cara membuatnya!

Perawatan kecantikan dengan susu, seperti mandi susu atau masker susu, dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati (eksfoliasi), sehingga kulit Anda tampak cerah dan halus. Selain itu, susu juga kaya akan lemak yang dapat membuat kulit terasa lebih lembut.

6 Manfaat Masker Susu bagi Kulit Wajah dan Cara Membuatnya - Alodokter

Ada beberapa jenis susu yang bisa Anda jadikan sebagai bahan masker susu, antara lain susu sapi, susu kambing, buttermilk, susu kacang, dan susu kedelai.

Manfaat Masker Susu dan Cara Membuatnya

Susu mengandung protein yang tinggi serta memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan. Berkat kandungan nutrisinya, susu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan sering kali digunakan dalam mengobati gangguan pada kulit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker susu untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, serta cara membuatnya:

1. Melembapkan dan mengencangkan kulit

Masker susu diketahui dapat melembapkan dan mengencangkan kulit. Untuk mendapatkan kulit yang lembap dan kencang, campurkan susu cair dan essential oil. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit.

Tambahan essential oil ini bertujuan untuk mengunci kelembapan kulit setelah penggunaan masker susu, sehingga kulit Anda tidak terasa kering. Ada beberapa essential oil yang bisa Anda campurkan dalam masker susu, di antaranya lavender, chamomile, lemon, dan sereh.

2. Mengatasi jerawat

Selain melembapkan kulit, masker susu juga dipercaya dapat mengatasi jerawat karena susu memiliki sifat antibakteri. Cara penggunaan masker susu untuk jerawat ini adalah dengan mencampurkan susu dan madu, kemudian oleskan ke wajah dan diamkan sekitar 8–10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih.

Madu sendiri memiliki manfaat untuk menyeimbangkan bakteri, serta mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

3. Membuat wajah tampak awet muda

Susu mengandung bahan aktif yang dapat memperbaiki kondisi kulit dan menjadikan kulit tampak awet muda. Agar manfaatnya lebih maksimal, Anda dapat mencampurkan susu dengan buah stroberi yang telah dihancurkan, lalu diaplikasikan ke wajah sebagai masker.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dalam buah stroberi dapat menghidrasi dan mengencangkan kulit, sehingga wajah tampak terlihat awet muda.

4. Mengatasi noda hitam dan meratakan warna kulit

Susu mengandung asam laktat yang dapat membantu pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi kulit. Proses ini berperan penting dalam mengatasi noda hitam dan meratakan warna kulit.

Cara membuat masker susu untuk eksfoliasi cukup mudah. Ambil kapas secukupnya, lalu rendam di dalam susu. Oleskan kapas tersebut pada bercak-bercak hitam di wajah sebanyak dua kali sehari, dan lakukan hal ini setiap hari hingga terlihat hasilnya.

5. Menenangkan dan menghidrasi kulit

Masker susu yang terbuat dari campuran susu, madu, dan oatmeal dipercaya dapat menenangkan dan menghidrasi kulit. Ketiganya berperan sebagai eksfoliator, sekaligus menutrisi kulit wajah Anda.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, campurkan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok teh madu, dan susu cair secukupnya, lalu aduk hingga rata dan membentuk masker susu. Selanjutnya, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15–20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Masker susu untuk meredakan iritasi kulit

Jika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda iritasi, seperti kemerahan dan gatal, penggunaan masker susu bisa menjadi solusinya. Susu memiliki sifat antiradang alami yang dapat meredakan iritasi kulit.

Cara membuat masker susu untuk meredakan iritasi kulit cukup mudah. Rendam kapas atau kain bersih ke dalam susu cair dingin, lalu kompreskan ke kulit yang iritasi selama 5–10 menit. Masker susu ini dapat digunakan juga untuk iritasi kulit yang disertai rasa gatal.

Beragam manfaat masker susu di atas memang cukup menggiurkan, sehingga layak untuk Anda coba di rumah. Namun, penggunaan masker susu tidak disarankan apabila Anda memiliki riwayat alergi susu.

Jika merasakan keluhan setelah menggunakan masker susu, seperti iritasi kulit atau jerawat, segera hentikan pemakaian masker. Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter jika iritasi kulit tak kunjung membaik.